6 Kebiasaan Makan di Rumah yang Melemahkan Sistem Imun

Tim | CNN Indonesia
Senin, 13 Apr 2020 13:34 WIB
Beberapa kebiasaan makan, bukannya meningkatkan daya tahan tubuh tapi malah melemahkan sistem imun. Salah satunya, kebanyakan garam. Ilustrasi: Beberapa kebiasaan makan, bukannya meningkatkan daya tahan tubuh tapi malah melemahkan sistem imun. Salah satunya, kebanyakan garam. (Foto: StokPic/Ed Gregory)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pola makan yang baik berpengaruh pada sistem kekebalan tubuh. Begitu juga sebaliknya, kebiasaan makan yang buruk dapat melemahkan sistem imunitas tubuh.

Sistem imun yang lemah dapat membuat tubuh lebih rentan pada infeksi virus dan bakteri, serta peradangan. Oleh karena itu, hindari kebiasaan makan yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Berikut enam kebiasaan makan yang melemahkan sistem imun.


1. Terlalu banyak konsumsi garam
Garam merupakan bahan makanan yang tanpa disadari seringkali dikonsumsi berlebih. Dikutip dari Health, studi menunjukkan terlalu banyak konsumsi garam dapat menyebabkan defisiensi imun. Saat itu pula, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi bakteri berkurang.

Kementerian Kesehatan merekomendasikan konsumsi garam hanya 5 gram atau 1 sendok teh saja per hari. Perhatikan lagi konsumsi garam, termasuk dari makanan olahan yang sering kali diabaikan.

2. Terlalu banyak gula
Ngemil yang tidak terkontrol juga bisa menjadi kebiasaan buruk makan di rumah. Konsumsi camilan yang mengandung terlalu banyak gula dapat melemahkan imun dan memperburuk kesehatan mental.

Studi mendapati konsumsi gula berlebih membuat kemampuan sel kekebalan menelan bakteri berkurang. Efek terbesar dapat muncul satu atau dua jam setelah makan gula, tapi umumnya bertahan hingga lima jam.

Asupan gula setiap hari berdasarkan rekomendasi Kemenkes adalah maksimal 50 gram per hari atau setara dengan 4 sendok makan. Oleh karena itu, perhatikan lagi jumlah gula pada teh, kopi, makanan, dan camilan manis.


3. Terlalu banyak lemak
Selain gula dan garam, lemak juga melemahkan kondisi imun tubuh. Konsumsi lemak berlebih dikaitkan dengan obesitas, faktor yang juga dapat melemahkan kekebalan.

Kemenkes menyarankan asupan lemak maksimal harian adalah 67 gram atau setara lima sendok makan saja. Lemak terdapat pada makanan harian dan juga minyak goreng.

4. Terlalu banyak kafein
Konsumsi kafein atau kopi selama work from home tanpa disadari juga dapat melemahkan sistem imunitas. Kafein yang berlebih dapat membuat sulit tidur sehingga kekebalan ikut menurun dan peradangan lebih mudah terjadi.

Oleh karena itu batasi konsumsi kafein setidaknya enam jam sebelum tidur.

6 Kebiasaan Makan di Rumah yang Melemahkan Sistem ImunFoto: IT-STUDIO/Pixabay


5. Melewatkan serat
Banyak orang enggan mengonsumsi sayur sebagai sumber serat karena menganggap rasanya yang tak enak. Padahal, studi menunjukkan konsumsi serat yang tinggi mendukung fungsi kekebalan tubuh terhadap virus.

Mulailah mengonsumsi serat dengan makan sayur-sayuran yang disukai, buah, dan kacang-kacangan.

6. Konsumsi alkohol
Konsumsi alkohol sering kali dianggap dapat melepas stres. Tapi, ibarat pedang bermata dua, alkohol juga mengancam sistem kekebalan tubuh.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Alcohol Research, menunjukkan terdapat hubungan antara asupan alkohol yang berlebihan dan respon imun yang melemah. Efeknya, berakibat pada peningkatan kerentanan terhadap pneumonia dan kemungkinan yang lebih besar untuk mengembangkan sindrom stres pernapasan akut. (ptj/NMA)


[Gambas:Video CNN]
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER