7 Makanan yang Mengandung Vitamin D

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 11/04/2020 15:54 WIB
Tak hanya dari paparan sinar matahari, vitamin D juga bisa didapat dari sejumlah makanan. Ilustrasi. Tak hanya dari paparan sinar matahari, vitamin D juga bisa didapat dari sejumlah makanan. (FoodiesFeed/Jakub Kapusnak)
Jakarta, CNN Indonesia -- Vitamin D merupakan nutrisi yang diproduksi tubuh saat terpapar sinar matahari. Namun, tak hanya dari sinar ultraviolet, vitamin D juga bisa didapat dari sejumlah makanan.

Vitamin D diperlukan untuk penyerapan kalsium yang memegang peran penting untuk menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, vitamin D juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit yang masuk.


Berikut melansir Healthline, sederet makanan yang kaya akan kandungan vitamin D.

1. Salmon
Salmon dikenal sebagai salah satu sumber alami vitamin D terbaik. Dalam sekitar 100 gram salmon terkandung 526 IU vitamin D.

Selain kaya akan vitamin D, salmon juga mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Kandungan ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Ikan sarden
Banyak ikan sarden yang tersedia di pasaran. Ikan sarden tersedia dalam bentuk kalengan.

Ikan sarden juga dikenal sebagai salah satu sumber vitamin D. Dari sekitar satu kaleng (3,8 ons) mengandung 177 IU vitamin D.

Jenis ikan berlemak lainnya juga menjadi sumber vitamin D yang baik seperti ikan halibut dan makarel.

3. Minyak ikan kod
Minyak ikan kod dikenal sebagai suplemen populer. Jika Anda tak suka ikan, mengonsumsi minyak ikan bisa jadi kunci untuk mendapatkan nutrisi tertentu.

Minyak ikan kod merupakan sumber vitamin D yang sangat baik. Sekitar 1 sendok teh minyak ikan kod mengandung sekitar 448 IU vitamin D.

Selain itu, minyak ikan kod juga merupakan sumber vitamin A yang baik. Namun, perlu diperhatikan. Vitamin A bisa menjadi racun jika dikonsumsi dalam dosis tinggi.

4. Ikan tuna kalengan
Banyak orang menikmati ikan tuna kalengan karena rasanya yang enak dan metode penyimpanannya yang mudah. Ikan tuna kalengan juga umumnya lebih murah daripada ikan segar.

Ikan tuna kalengan mengemas sebanyak 268 IU vitamin D dalam setiap 100 gram.

Ikan tuna juga disebut sebagai sumber vitamin K yang baik.

Ilustrasi. Jamur menjadi salah satu makanan yang mengandung vitamin D. (Snufkin/Pixabay)

5. Kuning telur

Makanan laut bukan satu-satunya sumber vitamin D. Anda bisa mendapatkan vitamin D dengan mengonsumsi telur.

Bagian putih telur dikenal dengan kandungan proteinnya yang kaya. Sementara kuning telur dikenal akan kandungan lemak, mineral, dan vitamin-termasuk vitamin D. Satu kuning telur umumnya mengandung 37 IU vitamin D.

Namun, kadar vitamin D dalam kuning telur tergantung pada paparan sinar matahari yang didapatkan ayam.

6. Jamur
Jamur menjadi satu-satunya sumber nabati vitamin D. Seperti halnya manusia, jamur juga dapat memproduksi vitamin D lewat paparan sinar matahari.

Jamur menghasilkan vitamin D2 yang membantu meningkatkan kadar vitamin D dalam darah.

Jamur liar menjadi sumber vitamin D2 yang sangat baik. Kebanyakan jamur liar mengandung 2.300 UI dalam setiap 100 gram-nya.

Sementara itu, jamur yang ditanam secara komersial-yang tumbuh di tempat gelap-hanya mengandung sedikit vitamin D2.

7. Makanan yang diperkaya vitamin D
Sumber alami vitamin D memang sangat terbatas. Hanya ada tiga sumber alami vitamin D seperti makanan laut, kuning telur, dan jamur.

Untungnya, beberapa produk makanan yang ada di pasaran diperkaya dengan vitamin D. Beberapa produk makanan tersebut di antaranya:

Susu - Susu sapi merupakan sumber alami yang baik untuk banyak nutrisi seperti kalsium, fosfor, dan riboflavin. Di banyak negara, susu sapi diperkaya dengan vitamin D.

Susu kedelai - Susu nabati seperti susu kedelai sering kali diperkaya dengan nutrisi tambahan seperti vitamin D.

Sereal dan oatmeal - Sereal dan oatmeal tertentu juga diketahui diperkaya dengan vitamin D. Meski tak terlalu banyak, tapi kedua pilihan sarapan tersebut bisa jadi cara yang baik untuk membantu meningkatkan asupan vitamin D. (asr/asr)

[Gambas:Video CNN]