5 Cara Kerja Sehat dan Efisien saat Rumah Jadi Kantor

tim, CNN Indonesia | Senin, 27/04/2020 08:39 WIB
Ilustrasi Meja Kerja Banyak orang yang mengeluh saat WFH kerjaan yang datang malah lebih banyak dan ujung-ujungnya lembur. Bagaimana mengatasinya?(Picography/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Untuk mengatasi pandemi virus corona, para pekerja diimbau untuk bekerja dari rumah dan tetap berada di dalam rumah.

Tak pergi ke kantor bukan berarti Anda tak bekerja. Anda tetap bekerja tapi dari rumah. Menyenangkan, bekerja tak perlu ke kantor? Awalnya mungkin menyenangkan, tapi satu hal yang pasti Anda bakal susah untuk mulai kerja dan selesai kerja dengan on time. Ada banyak gangguan yang mungkin muncul ketika Anda mulai bekerja di rumah.

"WFH lebih berat karena ternyata saya harus standby dan selesai kerja masih lembur," ungkap Setyo, salah satu karyawan di Jakarta kepada CNNIndonesia.com.


"Harus stand by setiap saat dibutuhkan, nunggu panggilan bos."

Kesah lainnya juga diungkapkan oleh Ardi.

"Kos-an saya sejak awal memang sudah di setting untuk tidur saja bukan kerja. Jadi sakit punggung kalau kerja di tempat tidur, enggak punya meja dan kursi dan proper."



Saat WFH, Anda juga bakal terus-menerus memeriksa email mereka jauh di luar jam kerja mereka? Sulit untuk selesai kerja ketika rumah Anda adalah kantor Anda.

Mengutip Huffington Post, ada beberapa cara agar tak terjebak dalam pekerjaan ketika rumah menjadi kantor Anda.

1. Pilih tempat yang tepat
Tak semua orang punya keberuntungan punya ruang cadangan di rumahnya, apalagi jika Anda adalah anak kos.

Namun jika memungkinkan, cobalah untuk memilih bekerja di ruangan yang tak akan Anda pakai untuk tidur atau istirahat.

James Pacey dan Rosa Connor, co-founders dari Haptivate yang menerapkan kebahagiaan di ruang kerja mengungkapkan bahwa cara ini akan membuat Anda merasa berhak untuk bisa pergi ke kamar tidur dan beristirahat setelah selesai bekerja atau istirahat.

Ini juga berlaku jika Anda bekerja di kamar Anda. "Kebersihan tidur yang baik hanya menggunakan kamar tidur Anda untuk tidur - dengan cara itu tubuh Anda tahu saatnya untuk istirahat ketika Anda berada di sana, daripada memikirkan hal-hal lain seperti bekerja."

2. Ikuti aktivitas harian rutin
Sama seperti bekerja di kantor, Anda juga harus mengikuti aktivitas dan rutinitas seperti saat pergi ke kantor.

Memiliki rutinitas kerja yang sehat di siang hari - di mana Anda memiliki perasaan keteraturan dan ritme - akan memungkinkan Anda untuk selesai kerja lebih di akhir hari. Mengikuti praktik kerja-dari-rumah terbaik akan membantu, kata Suzy Reading, dari Work Wellbeing.



"Hal-hal sederhana seperti merapikan tempat tidur, merapikan ruang kerja Anda, membuka semua tirai untuk membiarkan cahaya maksimum masuk, mandi dan mengenakan pakaian yang membantu Anda merasa disatukan, makan sarapan bergizi sehingga Anda telah memberi makan otak Anda dan dapat berpikir jernih, "tambahnya.

3. Gunakan waktu istirahat
Di kantor Anda punya jam makan siang. Lakukan hal ini juga ketika Anda di rumah.

Makan siang, istirahat sejenak, jalan-jalan di luar ruangan kerja, juga bermanfaat untuk kesehatan mental Anda selama bekerja di rumah.

4. Matikan laptop ketika jam kerja sudah selesai
Terkadang Anda seringkali tergoda ketika ada email yang belum dibalas, chat dari grup kantor dan lainnya. Namun cobalah untuk bersikap adil pada diri sendiri.

Ketika sudah selesai bekerja maka berhentilah. Matikan laptop dan tinggalkan semua yang berhubungan dengan pekerjaan Anda. Nikmati hari Anda setelah selesai kerja.

Chambers menyebutnya "digital sunset", di mana Anda mematikan perangkat kerja Anda, meninggalkannya di tempat kerja yang ditunjuk, dan pindah ke tempat di mana Anda bersantai secara lingkungan.

5. Rencanakan sesuatu usai kerja
"Tinggalkan ruangan seperti kamu meninggalkan pekerjaan, berjalan di sekitar rumah, dan kembali ke 'rumah'," kata Chambers.

"Mensimulasikan perjalanan pulang pergi membantu Anda memutuskan hubungan kerja."

Saat Anda berada di kantor, di akhir jam kerja reguler, karyawan mengucapkan selamat tinggal dan mengumumkan bahwa mereka akan keluar malam ini. "Anda dapat membantu menarik batasan antara pekerjaan dan kehidupan rumah dengan merencanakan suatu kegiatan yang harus dilakukan pada akhir hari kerja," kata Pacey dan Connor.

Misalnya, Anda dapat berolahraga, bermeditasi, atau menelepon anggota keluarga pada waktu yang sama setiap hari, membantu Anda melepaskan diri dari pekerjaan dan membuat Anda siap untuk menghabiskan malam santai.


(chs)

[Gambas:Video CNN]