Pertimbangan Memilih Universitas dan Perguruan Tinggi

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 03/06/2020 05:31 WIB
Ilustrasi lulus kuliah (Pexels/Pixabay) Ilustrasi. Terdapat sejumlah pertimbangan yang dapat dijadikan acuan untuk memilih perguruan tinggi. (Pexels/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 dibuka mulai Selasa (2/6) hingga 20 Juni 2020. Pelajar atau calon mahasiswa baru dapat mulai memilih universitas atau perguruan tinggi yang diinginkan.

Terdapat sejumlah pertimbangan yang dapat dijadikan acuan untuk memilih perguruan tinggi. Perguruan tinggi yang tepat dapat membantu mahasiswa mengembangkan diri dan kemampuannya sehingga memudahkan di dunia kerja.

Berikut sejumlah pertimbangan memilih universitas dan perguruan tinggi.


1. Kenali beda universitas dan institut
Pertama sekali, pahami perbedaan universitas dan institut. Universitas dan institut merupakan model pendidikan atau perguruan tinggi yang tersedia di Indonesia.

Universitas merupakan perguruan tinggi yang berbasis akademik dan vokasi yang berasal dari berbagai keilmuan. Ada universitas yang menawarkan fakultas dan jurusan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, keguruan, dan keagamaan.

Sedangkan institut merupakan model perguruan tinggi berbasis akademik dan vokasi dari satu jenis keilmuan. Baik universitas dan institut menawarkan berbagai keunggulan.

Selain universitas dan institut ada pula model sekolah tinggi, politeknik, dan akademi. Sesuaikan pilihan dengan perguruan tinggi yang pas dengan karakteristik dan jurusan yang diinginkan.

2. Cermati rekam jejak perguruan tinggi
Pilih perguruan tinggi yang memiliki rekam jejak baik. Rekam jejak dapat dilihat dari sejumlah faktor termasuk lulusan perguruan tinggi.

Dapat pula menilai perguruan tinggi berdasarkan rangking secara internasional, nasional, dan daerah. Setiap perguruan tinggi memiliki kelebihan masing-masing.

3. Sesuaikan dengan kemampuan dan peluang diterima
Sesuaikan pilihan perguruan tinggi dengan kemampuan dan peluang diterima di perguruan tinggi tersebut. Kemampuan dan peluang ini dapat dilihat dari hasil uji coba UTBK dan SBMPTN. Pilih yang sesuai dengan kemampuan untuk mengurangi risiko gagal di UTBK dan SBMPTN.

Konsultasikan pula pilihan universitas dengan guru, orang tua, dan senior.

4. Pertimbangkan biaya kuliah
Biaya kuliah juga merupakan pertimbangan penting saat memilih universitas. Pilih universitas yang sesuai dengan kemampuan finansial. Telusuri jumlah biaya kuliah termasuk kebutuhan lain seperti buku, praktik, dan biaya yang dikeluarkan terkait dengan tugas. Ketahui pula mekanisme pembayaran biaya kuliah tersebut.

Namun, tak perlu terlalu khawatir karena ada banyak beasiswa yang tersedia di perguruan tinggi.

5. Pertimbangkan biaya hidup saat berkuliah
Selain biaya kuliah, pertimbangkan pula biaya hidup yang dibutuhkan saat berkuliah. Misalnya, transportasi, makan, uang kos, dan sebagainya.

Kenali karakteristik universitas untuk mengetahui biaya hidup saat berkuliah. Misalnya, biaya hidup di Jakarta berbeda dengan biaya hidup di Bandung maupun Yogyakarta.

6. Pertimbangkan jarak dengan rumah
Pertimbangkan pula jarak universitas atau perguruan tinggi dengan rumah. Misalnya, apakah membutuhkan alat transportasi atau tinggal di kos maupun asrama.

Jika memilih kuliah di luar kota perlu pula menghitung transportasi ke kota tujuan. Misalnya menggunakan berapa kali pesawat, bus, dan sebagainya. (ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK