5 Sarapan Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 18/06/2020 05:44 WIB
Ilustrasi hidangan sehat Ilustrasi: Memilih makanan yang tepat bisa jadi kunci agar tubuh tetap sehat lagi ramping. Yang utama perlu diperhatikan adalah menu sarapan. (Foto: FoodiesFeed)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menurunkan berat badan bukan perkara mengurangi asupan makanan. Menurunkan berat badan berarti memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi agar tubuh tetap sehat dan ramping. Salah satu kunci menurunkan berat badan adalah memilih sarapan yang tepat.

Studi dari National Weight Control Registry menunjukkan sebanyak 78 persen orang yang mampu menurunkan berat badan dan menjaganya, mengonsumsi sarapan setiap hari.

Sarapan merupakan makanan pertama yang dikonsumsi saat memulai aktivitas di pagi hari. Sarapan ibarat pondasi atau sumber kekuatan untuk beraktivitas. Oleh karena itu, menu sarapan harus diisi oleh makanan yang terbaik.


Makanan yang terbaik untuk sarapan adalah makanan yang tinggi protein, rendah lemak tidak sehat, kaya serat, dan rendah kalori.

Berikut 5 menu sarapan terbaik untuk menurunkan berat badan.

1. Telur
Telur merupakan sumber protein dan nutrisi sehat yang baik untuk tubuh. Dikutip dari Eat This, sebutir telur mengandung 6 gram protein.

Konsumsi telur di pagi hari dapat memberikan tenaga sekaligus membakar lemak. Pasalnya, telur mengandung kolin yang berfungsi untuk memberantas lemak.

2. Dada ayam
Dada ayam juga tinggi protein sehingga baik dikonsumsi di pagi hari. Takaran 100 gram dada ayam mengandung sekitar 18 gram protein.

Untuk nutrisi terbaik konsumsi dada ayam rebus dan lengkapi dengan sayuran sebagai sumber serat.

Ilustrasi Buah AlpukatIlustrasi: Alpukat mengandung asam lemak yang terbukti mampu mengurangi lemak di perut. (Foto: silverstylus/Pixabay)

3. Alpukat
Alpukat kaya serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk nutrisi di pagi hari. Studi juga menunjukkan alpukat mengandung asam lemak yang terbukti mengurangi lemak di perut.

Alpukat dapat dikreasikan sebagai isian roti atau sandwich dan juga salad.

4. Pisang
Pisang merupakan menu makanan yang baik dikonsumsi di pagi hari. Jenis buah ini dapat menjadi sumber tenaga dan serat sekaligus. Satu buah pisah mengandung 14 gram gula dan 3 gram serat.

Pisang juga kaya akan kalium yang penting untuk menjaga cairan di dalam tubuh dan menjaga tekanan darah.

5. Bayam
Bayam merupakan sayuran hijau rendah kalori dan tinggi serat yang baik untuk pagi hari. Bayam juga merupakan sumber omega-3 dan folat nabati yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis.

Menu makanan terbaik untuk sarapan ini dapat dikombinasikan satu sama lain di pagi hari agar semakin kaya nutrisi. Konsumsilah dengan jumlah kalori yang tepat sesuai rencana diet Anda.

(ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]