Olahraga yang Baik untuk Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Tim | CNN Indonesia
Rabu, 24 Jun 2020 12:09 WIB
People run on Millenium Bridge over the River Thames in London, March 22, 2020. (AP Photo/Kirsty Wigglesworth) Ilustrasi: Olahraga yang bertujuan meningkatkan imunitas tubuh bukan hanya perkara seberapa berat intensitasnya, terdapat faktor-faktor lain yang juga punya peranan penting. (Foto: AP/Kirsty Wigglesworth)
Jakarta, CNN Indonesia --

Berbagai studi menunjukkan olahraga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Terdapat sejumlah kriteria olahraga yang baik dilakukan untuk menjaga atau bahkan meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Frekuensi, durasi, konsistensi, dan jenis olahraga memainkan peranan penting untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Imunitas tubuh yang kuat akan membantu melindungi tubuh dari serangan virus dan penyakit.


Berikut kriteria olahraga yang baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh.

1. Durasi atau lama waktu olahraga

Berolahraga terlalu lama justru tidak baik untuk kekebalan tubuh. Begitu pula sebaliknya, berolahraga terlalu sedikit tidak dapat memacu sistem imun.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan, olahraga optimal hingga 300 menit per minggu atau sekitar 45 menit hingga 60 menit setiap hari.

2. Frekuensi berolahraga

Frekuensi adalah seberapa sering melakukan olahraga setiap minggu. WHO menyarankan untuk berolahraga setiap hari sekitar 30-45 menit dengan intensitas sedang.

Infografis Menakar Porsi Olahraga yang PasFoto: Astari Kusumawardhani
Infografis Menakar Porsi Olahraga yang Pas

Dapat pula berolahraga lima kali seminggu dengan durasi 30-60 menit dengan intensitas sedang hingga berat.

3. Intensitas olahraga

Intensitas adalah kekuatan olahraga dalam memacu jantung. Intensitas olahraga yang disarankan adalah sedang ke berat. Semakin jantung berdetak dengan cepat atau semakin terengah-engah, semakin tinggi intensitas olahraga yang dilakukan.

Sesuaikan pula intensitas dengan kesanggupan diri.

4. Jenis olahraga

WHO menyarankan untuk melakukan olahraga jenis aerobik atau olahraga yang memacu detak jantung. Banyak penelitian membuktikan olahraga aerobik baik untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Beberapa contoh olahraga aerobik adalah berjalan, berlari, bersepeda, dan berenang.

Dikutip dari Health, latihan interval intensitas tinggi atau dikenal dengan HIIT (High-Intensity Interval Training), dalam sebuah penelitian juga disebut meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Studi lain mendapati latihan kekuatan juga kemungkinan dapat membantu sistem kekebalan tubuh.

5. Konsistensi

Konsistensi memainkan peran penting untuk menjaga sistem imunitas tubuh. Olahraga yang dilakukan secara rutin lebih ampuh meningkatkan sistem imun tubuh ketimbang olahraga yang hanya dilakukan sesekali saja.

(ptj/NMA)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER