Kesalahan yang Tak Disadari saat Mengolah Makanan Sehat

CNN Indonesia | Rabu, 01/07/2020 06:44 WIB
Ilustrasi Brokoli Ilustrasi: Proses memasak dan mengolah makanan mengambil peran penting, karena jika keliru mengambil langkah maka nutrisi atau komponen penting justru akan hilang. (Foto: Meditations/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pelbagai jenis bahan makanan, baik itu sayuranbuah-buahan ataupun rempah beberapa di antaranya memiliki nutrisi penting bagi tubuh. Namun kekeliruan memasak atau cara makan kadang membuat kandungan penting makanan sehat itu justru hilang.

Alih-alih tercapai, konsumsi buah dan sayuran boleh jadi malah tak berimbas pada diet sehat dan seimbang Anda. Dikutip di Atlas Science, proses menyiapkan makanan sama pentingnya dengan saat memilih menu makan.


Proses memasak makanan mengambil peran penting untuk memastikan nutrisi dari makanan yang akan Anda santap. Kandungan buah-buahan atau komponen lain yang bermanfaat justru akan lenyap jika tak ditangani dengan tepat.

Berikut beberapa kesalahan umum yang barangkali luput Anda sadari ketika mengolah sejumlah makanan.

Tomat

Tomat umumnya dimakan dengan cara yang salah oleh sebagian orang, karena dikonsumsi mentah-mentah. Padahal para ahli mengatakan untuk mendapatkan manfaat dari kandungan likopennya, tomat harus dimasak terlebih dulu.

Nutrisi dari tomat tersebut akan meningkat saat dipanaskan. Likopen di antaranya bermanfaat menjaga kesehatan jantung dan memiliki efek antioksidan guna memperlambat pertumbuhan sel kanker tertentu.

Ilustrasi tomatIlustrasi: Kandungan likopen pada tomat justru akan meningkat ketika dipanaskan. (Foto: Pixabay/Colliefreund)

Brokoli

Hindari menggoreng atau merebus brokoli. Menurut para ahli, sayuran ini justru harus dikonsumsi mentah atau dikukus.

Brokoli kaya akan antioksidan, vitamin C dan senyawa antikanker yang bisa hilang ketika sayuran ini digoreng atau direbus.

Bawang putih

Ilustrasi Mencincang BawangIlustrasi: Para ahli menyarankan untuk mendiamkan bawang putih sekitar 10 menit setelah dipotong, sebelum dimasukkan ke wajan. (Foto: wolffsfa/Pixabay)


Salah satu bumbu ini mengandung enzim penting yang disebut allicin. Sebagian orang biasanya mencincang atau mengiris bawang putih lantas sesegera mungkin langsung dilemparkan ke wajan.

Padahal itu keliru.

Khasiat allicin sesungguhnya akan meningkat ketika terkena udara. Itu sebab saran terbaik adalah mendiamkan bawang putih sekitar 10 menit terlebih dulu sebelum memasaknya.

Kiwi

Ilustrasi Buah KiwiIlustrasi: Kandungan penting kiwi tak hanya terletak pada buahnya melainkan juga kulitnya. (Foto: Meditations/Pixabay)


Sebagian orang lebih suka mengupas kulit kiwi terlebih dulu sebelum memakannya. Padahal dikutip dari Medical Daily, kulit kiwi disebut mengandung vitamin E dengan konsentrasi tinggi, folat dan, nutrisi lain.

Karena itu Anda dianjurkan memakan buah kiwi sekaligus dengan kulitnya.

(NMA)

[Gambas:Video CNN]