7 Cara Mengatasi Kesalahan-kesalahan saat Memasak

Tim | CNN Indonesia
Rabu, 13 Mei 2020 20:38 WIB
Ilustrasi Memasak Sayur Ilustrasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kesalahan-kesalahan saat memasak. (condesign/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Karantina jadi kesempatan buat mencoba hal baru, termasuk memasak. Selain lebih hemat, masak sendiri juga bisa menjamin kesehatan.

Kesalahan saat mencoba memasak adalah wajar. Sama seperti lainnya, belajar memasak juga membutuhkan proses.

Namun, jangan sampai Anda patah arang karena kesalahan-kesalahan yang dilakukan. Anda hanya perlu beberapa trik untuk mengatasi kesalahan-kesalahan saat memasak. Berikut mengutip berbagai sumber.


1. Masakan keasinan
Bagi banyak orang masakan tak akan lengkap tanpa garam. Namun, bagaimana jika garamnya terlalu banyak alias keasinan?

Jika sup atau masakan berkuah lain yang dimasak terlalu asin, Anda hanya perlu menambahkan sedikit air untuk mengimbangi rasa asin.

Sementara untuk jenis tumisan, Anda bisa menambahkan rasa asam dengan perasan lemon atau cuka jika terlalu asin. Rasa asam akan menutup asin dari garam. Selain dengan rasa asam, turunkan rasa asin dengan menambahkan gula.

2. Pasta saling menempel
Pasta termasuk hidangan praktis karena tinggal direbus dan dicampur saus atau bumbu instan. Namun, seringkali karena didiamkan terlalu lama, pasta yang direbus bisa menempel satu sama lain.

Anda tak perlu khawatir. Kesalahan itu bisa diatasi dengan meletakkan pasta dalam wadah tertutup dan lumuri dengan minyak zaitun. Goyangkan wadah agar pasta kemudian saling terpecah.

Selain saling menempel, kesalahan lain yang kerap terjadi adalah saat pasta terlalu lembek. Jika demikian halnya, sebaiknya segera angka pasta dari panci dan tiriskan sambil disiram air dingin.

3. Cokelat leleh mengering
Cokelat batang biasanya dilelehkan terlebih dahulu sebelum diolah bersama bahan-bahan kue lainnya. Terkadang, suhu tertentu membuat cokelat mudah mengeras dan menggumpal.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menambahkan butter atau margarin leleh dan aduk kembali. Jika tak sempat melelehkan butter atau margarin, satu sendok air panas pun bisa menolong.

Untuk menghindari kesalahan ini, panaskan cokelat batang dengan suhu rendah atau menggunakan microwave.

4. Memasak sayuran layu
Tumis sayuran kerap jadi menu andalan karena mudah dibuat. Namun, banyak orang memasak sayuran yang telah layu karena terlalu lama disimpan di kulkas. Alhasil, sayur yang ditumis tak terlalu segar.

Jika demikian halnya, siangi bagian batang sayuran dan rendam di dalam air dingin sebelum dimasak. Sayuran pun bisa kembali segar sebelum diolah.

Ilustrasi. Melakukan kesalahan saat belajar memasak adalah hal yang wajar. (Jeshoots)

5. Terlalu pedas
Bagi sebagian orang, rasa pedas bisa menambah selera makan. Namun, hal itu tak berlaku bagi orang-orang tertentu.

Jika masakan dirasa terlalu pedas, Anda bisa tambahkan produk susu seperti krim atau butter. Produk susu mengandung kasein sebagai komponen lemak yang bisa saling berikat dengan capsaicin si penghasil rasa pedas.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan gula untuk mengimbangi rasa pedas.

6. Terlalu manis
Permainan garam dan gula memang memberikan variasi rasa pada masakan. Namun, sering kali gula yang dimasukkan terlalu banyak dan membuat masakan terasa sangat manis.

Menambahkan garam bisa membantu Anda mengatasi masakan yang terlalu manis. Selain garam, Anda juga bisa menambahkan sedikit rasa asam dari perasan lemon atau cuka.

7. Tumisan bawang jadi gosong
Saat bawang terlalu cokelat bahkan gosong saat ditumis, segera kecilkan kompor.

Untuk sesi masak berikutnya, coba beralih dari bawang putih cincang ke bawang putih iris. Bawang putih yang diiris tipis bisa menahan proses memasak yang lebih lama. (els/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER