Ahli Penyakit AS Optimis Vaksin Corona Selesai Awal 2021

tim, CNN Indonesia | Kamis, 09/07/2020 09:36 WIB
suntik serum vaksin Ahli penyakit menular AS, Anthony Fauci mengatakan dia sangat optimis vaksin corona akan berhasil dikembangkan pada awal 2021. (Istockphoto/ Baona)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ahli penyakit menular AS, Anthony Fauci mengatakan dia sangat optimis vaksin corona dengan beberapa tingkat efektivitas akan berhasil dikembangkan pada awal 2021.

Saat konferensi pers WHO, Rabu, Fauci mengungkapkan inovasi dan penelitian vaksin yang dilakukan banyak perusahaan sudah memasuki tahap 3 percobaan. Salah satunya penelitian vaksin corona dari perusahaan bioteknologi Moderna akan masuk uji coba tahap 3.

"Sekitar akhir Juli (vaksin Moderna) dan kemudian yang lain akan menyusul pada Agustus, September, dan Oktober," ucapnya dikutip dari AFP.


"Vaksin corona Moderna ini sudah menunjukkan hasil yang sangat menjanjikan, ini yang membuat saya sangat optimis. Walaupun Anda tidak pernah dapat memprediksi dengan pasti apakah vaksin akan aman dan efektif."

Meski demikian, Fauci yang mengepalai National Institute of Allergy and Infectious Diseases mengatakan bahwa data awal uji coba ini membuat mereka optimis tapi berhati-hati bahwa vaksin yang manjur akan tersedia pada akhir tahun, awal 2021.

"Ada lima, atau enam atau tujuh (vaksin) yang akan menjalani uji klinis pada tahap yang berbeda."


"Langkah-langkah kesehatan masyarakat yang baik sangat penting untuk mengendalikan virus corona, bersama dengan kolaborasi dan transparansi berbagai pihak."Dia sendiri mengklaim bahwa ada beberapa pendekatan strategis yang sudah diadopsi untuk menguji beberapa kandidat vaksin menggunakan standar dan pengukuran yang sama.

(chs)

[Gambas:Video CNN]