Kenali 7 Manfaat Bawang Putih Tunggal

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 09/07/2020 16:05 WIB
Single clove garlic in a bowl on rusty background Ilustrasi. Bawang putih tunggal memiliki sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari menjaga kadar kolesterol hingga melawan kanker. (iStockphoto/Alexandra Iakovleva)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ada dua jenis bawang putih yang dikenal masyarakat. Salah satunya adalah bawang putih tunggal yang punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Bawang putih tunggal sendiri merupakan bawang putih yang hanya memiliki satu siung. Sekilas tampak mirip, namun ia berbeda dengan bawang putih yang sering dijumpai di dapur.

Bawang putih tunggal lebih sering ditemukan di beberapa negara Asia seperti India, China, Vietnam, dan Kamboja.


Selain sering digunakan sebagai bahan utama bumbu masakan, bawang putih juga memang dikenal dengan segudang khasiatnya untuk kesehatan. Bawang putih disebut mengandung minyak atsiri yang berkhasiat sebagai antibakteri alami.

Berikut manfaat bawang putih tunggal yang perlu Anda ketahui, mengutip Naturally Yours.

1. Mengurangi kadar kolesterol

Bawang putih tunggal diketahui efektif mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Penelitian menunjukkan, bawang dapat menurunkan sekitar 20 mg/dL kolesterol dan trigliserida. Kolesterol tinggi diketahui sebagai salah satu faktor pemicu penyakit jantung.

2. Menyembuhkan pilek dan batuk

Sejumlah penelitian menunjukkan, bawang putih tunggal dapat mengurangi risiko pilek dan batuk lebih dari 50 persen jika dikonsumsi secara teratur.

Konsumsi bawang putih tunggal secara teratur juga dapat mengurangi risiko terinfeksi virus atau bakteri lewat senyawa kimia allicin yang dimilikinya.

3. Membantu melawan kanker

Bawang putih mengandung senyawa organosulfur bernama diallyl trisulfide yang membantu membunuh sel-sel kanker.

Para peneliti di University of North Carolina telah menemukan bahwa orang yang mengonsumsi bawang putih memiliki kemungkinan 66,67 persen lebih rendah terkena kanker.

National Cancer Institute juga mengatakan bahwa konsumsi bawang putih secara teratur mengurangi risiko berbagai jenis kanker hingga 50 persen.

4. Mengatasi diabetes

Para peneliti telah menemukan bahwa konsumsi 2-3 bawang putih tunggal secara teratur membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah.

Kehadiran allicin yang dikombinasikan dengan vitamin B dan thiamine memicu pankreas untuk menghasilkan insulin dalam tubuh. Hal ini pada gilirannya membantu tubuh melawan diabetes.

5. Mengatasi penyakit jantung dan tekanan darah tinggi

Bawang putih tunggal membantu memerangi penyakit jantung dengan dua cara. Pertama, dengan mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

Kedua, dengan mencegah pembentukan plak dan gumpalan pada darah. Para peneliti percaya, pasien yang mengonsumsi bawang putih secara teratur memiliki risiko 83 persen lebih rendah terhadap pembekuan darah yang berbahaya.

Sementara dalam kasus tekanan darah tinggi, konsumsi bawang putih tunggal disebut dapat membantu otot-otot lebih rileks, yang pada gilirannya membantu menurunkan tekanan darah. Senyawa kimia hydrogen sulfide pada bawang putih ditemukan membantu mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]