5 Jenis Ikan Cupang Termahal dan Populer di Indonesia

khr & Tim, CNN Indonesia | Rabu, 29/07/2020 18:23 WIB
Terdapat 52 jenis ikan cupang yang dimiliki perairan Indonesia, namun tak semuanya bernilai tinggi. Berikut 5 jenis ikan cupang termahal dan populer. Terdapat 52 jenis ikan cupang yang dimiliki perairan Indonesia, namun tak semuanya bernilai tinggi. Berikut 5 jenis ikan cupang termahal dan populer. (Foto: istockphoto/CmErsoy)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tren mengoleksi ikan cupang seperti tak pernah luntur. Selalu saja ada pendatang baru yang hanya berniat mengoleksi secara pribadi maupun membudidayakannya sebagai ladang bisnis ikan cupang.

Melansir dari Fish Base, hingga saat ini setidaknya ada 52 jenis ikan cupang yang dimiliki perairan Indonesia. Namun tak semua jenis ikan cupang populer dan bernilai tinggi. Hanya sekitar 5 jenis ikan cupang termahal, yang umumnya berdasarkan karakteristik unik yang dimilikinya.

Berbagai jenis ikan cupang tersebut merupakan temuan sejak tahun 1846 hingga 2013. Menurut sejarahnya, ikan cupang diketahui berasal dari Asia dan sangat mudah ditemukan di daerah Asia Tenggara, seperti Thailand dan Indonesia.



Mengenal Ikan Hias Cupang

Melansir dari Peta, ikan dengan nama latin Betta Sp ini tergolong hewan yang sensitif dan kompleks. Meskipun perawatannya mudah, namun ikan cupang mudah sekali stres ketika hanya dieksploitasi untuk modal jual-beli, terlebih jika tidak mendapatkan perawatan yang layak.

Pemilik harus dapat memastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang meliputi makanan, asupan cahaya, dan stimulasi mental yang tepat.

Ikan cupang juga merupakan spesies ikan tropis yang dapat hidup dengan mudah di rawa-rawa. Ikan cupang memiliki alat pernapasan tambahan yang disebut dengan labirin. Alat pernafasan tambahan ini berperan untuk mengambil oksigen langsung dari udara.

Oleh sebab itu, hal tersebut menjadikan ikan cupang istimewa, sebab tanpa aerator atau alat sirkulasi udara pun, ikan ini masih tetap bertahan hidup meski kurang air.

Namun sayangnya, umur ikan cupang tidak lama. Rata-rata rentang hidup ikan cupang hanya dapat bertahan sekitar 3 sampai 4 tahun.


Jenis Ikan Cupang Termahal di Indonesia

Tak semua jenis ikan cupang memiliki daya jual yang tinggi. Faktor penentuan harganya pun beragam. Bisa karena warnanya yang eksotis, bentuk tubuh yang unik, keahliannya dalam bertarung, bobot, dan lainnya.

Bahkan, dari 52 spesies ikan cupang di Indonesia, hanya sekitar 5 jenis yang memiliki harga lumayan mahal berdasarkan riset dari berbagai marketplace, berikut ulasannya.


1. Ikan Cupang Halfmoon

[Gambas:Instagram]

Jenis ini mempunyai varian warna yang beragam mulai dari merah menyala, kuning, dan varian warna lainnya.

Ikan cupang yang satu ini memiliki warna teduh yang indah. Sesuai dengan namanya, ekor dan sirip ikan cupang ini mirip dengan bentuk bulan separuh (half moon).

Ikan ini disebut-sebut berasal dari Thailand, yang kemudian dikembangkan oleh Peter Boettner dari Amerika Serikat pada 1980-an.

Di berbagai marketplace yang dijual di Indonesia, harga ikan cupang half moon dibanderol sekitar Rp3 juta. Sedangkan dalam sebuah lelang online di Thailand, ikan ini berhasil dijual dengan harga Rp8 juta.


2. Ikan Cupang Double Tail

[Gambas:Instagram]

Ikan cupang yang satu ini memiliki bentuk ekor terbelah dua. Namun ikan ini tak mudah didapatkan daripada yang lainnya meski banyak peminat. Faktor langka ini pula yang membuat harga ikan cupang double tail menjadi mahal.

Warnanya yang seperti sembur turut mendukung kecantikannya. Dalam sebuah marketplace, satu ekor ikan cupang double tail berwarna gold dipatok dengan harga Rp2 juta.


3. Ikan Cupang Plakat

Bright red pet beta fish in a bowl with live plantCupang plakat menjadi salah satu jenis ikan cupang termahal di Indonesia (Foto: iStockphoto/Lisa5201)

Ikan yang satu ini memiliki warna yang indah sekaligus ekor yang menawan. Penamaannya berasal dari istilah di Thailand, 'Plakat' yang berarti pertarungan atau laga. Ikan ini difungsikan sebagai ikan aduan bagi sebagian orang yang memiliki hobi tarung ikan.

Ekor yang dimiliki ikan cupang plakat juga terkesan pendek namun seperti tegas dan kokoh. Di berbagai marketplace, harga ikan cupang plakat dijual sekitar Rp1 juta.


4. Ikan Cupang Giant

[Gambas:Instagram]

Ikan cupang Giant diklaim memiliki ukuran terbesarnya hingga mencapai 12 cm. Selain itu, cupang jenis ini dikembangkan dari perkawinan silang antara cupang plakat dengan cupang jenis lainnya.

Yang paling terkenal di pasaran saat ini adalah ikan cupang jenis halfmoon giant, double tail giant dan crown tail giant. Dalam situs marketplace, harga ikan cupang giant mencapai Rp400 ribu per ekornya.


5. Ikan Cupang Fancy

[Gambas:Instagram]

Ikan cupang yang sangat ikonik dengan garis warna tunggal di tubuh bagian depannya ini, dipatok harga Rp10 juta pada sebuah acara lelang secara daring di Thailand.

Sedangkan dalam sebuah marketplace di Indonesia, harga ikan cupang fancy dipatok Rp300 ribu per ekornya.

Gradasi warna dan bentuk ekor yang sangat ciamik menjadikannya ikan hias yang sangat cantik jika diletakkan di dalam akuarium rumah.

Tak heran, beberapa kolektor ingin mengadopsinya sebagai pemanis ruangan di rumah. Selain memiliki warna yang cantik, ikan cupang ini juga dapat menjadi petarung yang andal.

Nah, setelah mengetahui secara singkat berbagai jenis ikan cupang di Indonesia yang memiliki 'value' apik. Maka tak salah jika Anda mulai menekuni aktivitas budidaya ikan hias cupang sebagai salah satu selingan bisnis di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

(fef)

[Gambas:Video CNN]