Usaha Membawa Ceria di Tengah Pandemi dengan Sirkus Drive-In

CNN Indonesia | Selasa, 21/07/2020 10:31 WIB
Estoril Circus berusaha bangkit di tengah pandemi virus corona dengan menggelar sirkus drive-in. Estoril Circus di Rio de Janeiro, Brasil, berusaha bangkit di tengah pandemi virus corona dengan menggelar sirkus drive-in. (AP/Leo Correa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setelah hampir empat bulan tidak tampil akibat pandemi virus corona, para badut, juggler, dan seniman sirkus Estoril Circus di Rio de Janeiro, Brasil, telah menemukan "vaksin" untuk kembali ke panggung.

Vaksin tersebut berupa panggung sirkus drive-in, atau sirkus yang bisa disaksikan dari dalam mobil.

Terinspirasi oleh bioskop drive-in, panggung sirkus macam ini menguntungkan kedua belah pihak: penampil sirkus yang butuh uang dan pengunjung yang sudah bosan di rumah.


Industri hiburan sangat terpukul ketika harus menghentikan kegiatannya selama pandemi Covid-19, tak terkecuali sirkus.

Bagi Anderson de Souza Silva, badut dengan nama panggung Batatinha Clown [dalam bahasa Portugis berarti Kentang Kecil], penutupan sirkus selama berbulan-bulan seperti kehilangan orang yang dicintai: "hari ini, syukurlah, kami memiliki kesempatan tampil dalam panggung drive-in untuk mulai berkreasi lagi."

Di tengah pandemi virus corona, saat ini hanya 35 dari 78 orang yang bekerja untuk sirkus.

Oleh karena itu, beberapa penampil mendapat tugas tambahan.

Setelah tampil di atas panggung, mereka kemudian membantu di loket tiket atau di gerai makanan.

Beberapa penampil terlihat mengantarkan popcorn dan minuman kepada penonton yang berada di mobil.

Tenda sirkus memiliki kapasitas untuk 40 kendaraan, dan harga tiket per mobil antara US$15 (sekitar Rp222 ribuan) hingga US$20 (sekitar Rp297 ribuan).

Willian Cezar, anggota dewan kota Itaguaí yang berusia 40 tahun, membawa keluarganya ke pertunjukan itu.

"Sejak kemarin putriku tak berhenti bertanya soal rencana menonton sirkus drive-in hari ini. Ia sangat menikmati atraksi tersebut," kata Cezar.

Kelompok sirkus, yang mulai beraksi sejak 1898 di Portugal, telah tampil di Brasil selama 30 tahun dan untuk pertama kalinya menggelar pertunjukan di tengah parkiran mobil.

Dari jendela mobil, anak-anak dan orang dewasa menikmati pertunjukan sirkus drive-in itu, di mana tepuk tangan digantikan oleh klakson mobil dan lampu depan yang berkedip.

(AP/ard)

[Gambas:Video CNN]