7 Cara Kreatif Mengolah Sayur Jadi Lebih Nikmat

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 28/07/2020 05:15 WIB
Bagi sebagian orang, sayur adalah mimpi buruk. Agar sayuran bisa masuk ke dalam menu harian dan terasa lebih nikmati, ikuti sejumlah cara berikut. Ilustrasi. Agar sayuran bisa masuk ke dalam menu harian dan terasa lebih nikmati, ikuti sejumlah cara berikut. (kkolosov/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Saran untuk selalu makan sayuran kadang jadi mimpi buruk. Setidaknya untuk sebagian orang, makan sayuran bukan kebiasaan.

Tidak seperti buah, sayur dianggap tidak kaya rasa, hambar atau pahit, dan perlu dimasak untuk bisa disantap.

Akan tetapi hasrat untuk menyantap sayur seringkali hilang karena cara memasak yang itu-itu saja. Agar sayuran selalu masuk ke dalam menu harian, ada beberapa cara kreatif yang bisa Anda jajal.


1. Sup

Selain salad, sup merupakan cara kreatif untuk mengolah beberapa jenis sayuran dalam sekali masak. Dengan kuah berupa kaldu tulang, Anda bisa memasukkan beberapa jenis sayur seperti brokoli, kembang kol, wortel, kentang, buncis, jagung manis, seledri, dan daun bawang. Sedikit lada bakal menghangatkan santapan terlebih di musim yang tidak menentu ini.

Di samping itu, Anda bisa membuat sup berbahan dasar sayur. Terlebih dahulu sayur dihaluskan sehingga teksturnya mirip bubur (puree) baru kemudian diberi rempah-rempah untuk memberikan cita rasa.

2. Omelet

Siapa yang tak suka olahan telur? Bermodal telur, Anda bisa membuat omelet dengan isian sayur. Anda bisa memasukkan potongan keju dan daging untuk efek 'kejutan'.

Panaskan butter atau sedikit minyak di teflon, masukkan telur. Taburi dengan potongan keju, daging (opsional), dan sayuran. Dikutip dari Healthline, sayuran apa pun cocok untuk omelet seperti bayam, bawang bombai, dan tomat.

3. Savory oatmeal

Oatmeal sering disandingkan dengan susu, cokelat bubuk, atau buah-buahan. Sesekali buat oatmeal jadi sajian asin (savory) sehingga Anda bisa menyisipkan sayuran di dalamnya. Oatmeal bisa diolah bersama telur, rempah, dan potongan sayur.

Masak oatmeal seperti biasa, tetapi ganti susu dengan air kaldu. Saat mulai mengental, tambahkan potongan bayam, jagung manis, potongan tomat ceri, dan seledri. Tambahkan garam laut sesuai selera. Di sini Anda bisa menambahkan telur untuk asupan protein.

4. Smoothie

Sayuran bisa Anda minum. Caranya adalah dengan mengolahnya menjadi jus atau smoothie. Anda bisa memanfaatkan sayuran apapun dan padu dengan buah untuk memberikan rasa enak. Jadi tak ada alasan untuk melewatkan sarapan.

Celery and broccoli mix smoothie, healthy food, vegetable juiceIlustrasi. Smoothie bisa jadi salah satu cara kreatif untuk menikmati sayur. (Istockphoto/ Derkien)

Mengutip dari Greatist, Anda bisa menjajal campuran alpukat, bubuk kayu manis, bayam, pisang, dan susu almond. Campuran seledri dan mangga pun bisa membuat Anda coba.

5. Ganti tortila dengan selada

Sandwich membuat acara bersantap tidak merepotkan. Dengan sandwich, Anda bisa menyantap beberapa jenis sayur dalam sekali lahap. Bagaimana caranya? Ganti lembaran tortila atau roti untuk sandwich dengan selada.

Padukan selada dengan jamur portobello, irisan ubi, dan tomat. Selada membuat kandungan kalori sandwich lebih rendah daripada jika Anda menggunakan tortila atau roti.

6. Keripik

Jadikan sayuran sebagai makanan ringan saat Anda menikmati serial kesayangan. Menyulap sayuran jadi keripik mungkin membuat Anda lupa betapa sering sayur disisihkan dari piring saat bersantap. Salah satu jenis sayur yang bisa dijadikan keripik adalah kale.

Daun kale yang keriting bakal membuatnya jadi keripik renyah. Sebelum dipanggang di oven, cuci bersih dan keringkan daun kale. Anda bisa menambahkan garam, lada, dan bawang putih bubuk sebagai perasa. Mengutip dari The Kitchn, sebaiknya panggang kale di suhu 149 derajat Celcius atau di bawahnya. Selama 20 menit, kale yang Anda anggap membosankan bakal jadi keripik lezat.

7. Olah 'nasi' kembang kol

Jika selama ini Anda hanya mengolah kembang kol sebagai isian sup, kali ini ada cara yang lebih kreatif. Kembang kol bisa Anda jadikan pengganti nasi dan tentunya rendah kalori.

Ambil satu buah kembang kol dan buat jadi butiran-butiran kecil dengan food processor. Dari sini, Anda bisa mengukus kembang kol atau langsung disantap begitu saja bersama lauk.

Tak hanya karbohidrat, kembang kol juga memberikan Anda asupan vitamin C, K, asam folat, dan potasium.

(els/asr)

[Gambas:Video CNN]