Wishnutama Sebut Layanan Tiket Online Ferizy Terobosan

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Sabtu, 25/07/2020 12:57 WIB
Dalam peluncuran ferizy, Wishnutama menyebut tren pembelian tiket merupakan terobosan di masa new normal pandemi Covid-19. Mesin loket ferizy. (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri peluncuran aplikasi pemesanan tiket kapal feri, ferizy, pada Sabtu (25/7).

Dalam acara tersebut, Wishnutama menilai sistem pemesanan tiket secara daring baik melalui laman resmi atau aplikasi merupakan terobosan bahkan jawaban masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

"Konektivitas adalah salah satu hal yang sangat penting bagi kemajuan pariwisata dan ekonomi kreatif. Di tengah masa pandemi, digitalisasi bahkan terakselerasi lebih cepat," kata Wishnutama, dikutip lewat siaran langsung akun Youtube Kemenparekraf.


Ia menuturkan PT ASDP Indonesia Ferry melihat momentum digitalisasi di masa pandemi ini dan berharap ke depannya akan membuat penumpang lebih nyaman.

"Saya yakin tren pembelian tiket ini akan meningkat seiring gaya hidup baru di era kenormalan baru dan digitalisasi," tuturnya dalam acara yang disiarkan langsung saluran YouTube Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dalam acara yang berlangsung di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak itu Budi Karya Sumadi dan Erick Thohir, juga memberikan apresiasi serupa terhadap ASDP.

Mesin Loket Ferizy untuk pengguna jasa kapal feri dengan cara men-scan atau menunjukkan barcode tiket ke layar mesin yang telah disediakan oleh PT. ASDP. Jakarta. Senin (2/3/2020).CNN Indonesia/Andry Novelino(CNN Indonesia/Andry Novelino)

Budi berharap lewat aplikasi tersebut, masalah yang selama ini kerap dihadapi saat puncak libur seperti panjang antrean penumpang hingga menumpuknya uang tunai di loket bisa teratasi dengan baik.

"IT merupakan keniscayaan yang harus kita alami. Kita selalu menghadapi banyak masalah di hari-hari puncak. Insya Allah dengan cara ini bisa lebih lancar," ucap Budi Karya.

Sementara Erick juga menekankan acara yang berlangsung hari ini bukan hanya upacara belaka. Melainkan salah satu cara pemerintah untuk selalu memberikan kemudahan dan layanan yang baik kepada masyarakat.

"Ini untuk memastikan jajaran kami memiliki prinsip kerja yang sama. Apabila aktivitas feri meningkat hingga 40 persen saat Tol Trans Sumatera jadi dengan ini mungkin bisa meningkat 100 persen," ujar Erick.

Sebelumnya, Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi mengatakan masyarakat bisa memesan tiket kapal feri lebih mudah bahkan sejak H-60 sampai H-5 keberangkatan melalui ferizy.

Masyarakat tinggal memasukkan pelabuhan asal dan pelabuhan tujuan di bagian Cari Tiket Kapal Anda. Dalam bagian itu, pengguna juga bisa memasukkan jenis kendaraan seperti mobil dan motor yang akan turut masuk feri.

Setelah itu, tekan tombol pesan dan masyarakat bisa melihat total yang harus dibayarkan. Pemesan harus memasukkan alamat email terlebih dahulu. Konfirmasi akan dikirimkan ke email tersebut.

Pemesan akan dialihkan ke laman pembayaran. Di laman itu, masyarakat diharapkan tak membawa limbah bahan berbahaya dan beracun. Pembayaran bisa dilakukan lewat minimarket, akun virtual atau uang elektronik.

Setelah itu, pemesan akan mendapatkan tiket dengan barcode yang tinggal digunakan pada hari keberangkatan.

(chr/stu)

[Gambas:Video CNN]