Kisah Jenaka Evakuasi Anjing Pingsan di Pegunungan Inggris

CNN Indonesia | Rabu, 29/07/2020 11:30 WIB
Belasan anggota tim penyelamat harus mendaki gunung demi mengevakuasi Daisy, anjing St Bernard yang biasanya diandalkan untuk menyelamatkan manusia. Daisy, seekor anjing St Bernard yang berada di atas tandu usai dievakuasi oleh belasan tim penyelamat dari pegunungan di Inggris. (AP/Wasdale mountain rescue)
Jakarta, CNN Indonesia --

Enam belas penyelamat sampai harus mendaki gunung dan melewati lembah demi menyelamatkan seekor anjing St Bernard yang terdampar di pegunungan Inggris.

Anjing bernama Daisy itu dikabarkan pingsan saat turun dari puncak Scafell Pike di Inggris bersama pemiliknya, menurut pernyataan Wasdale Mountain Rescue pada Minggu (26/7) waktu setempat.

Setelah menunjukkan tanda-tanda sakit di kakinya, sang pemilik mengatakan Daisy langsung duduk dan menolak untuk bangun.


Dan ketika malam tiba semakin dekat, polisi setempat memanggil petugas penyelamat untuk meminta bantuan mengevakuasinya dari gunung.

Setelah mencapai lokasi anjing tersebut, tim "dengan hati-hati memperkenalkan diri kepada Daisy ... dan petugas medis langsung memberikan analgesia untuk meredakan rasa sakitnya."

Memapah anjing seberat 55 kilogram dengan tandu ke bawah gunung diakui tim juga menjadi tantangan tersendiri.

"Sejak kejadian ini, terlepas dari penyesuaian kondisi yang aneh [dimana anjing St Bernard biasanya membantu menyelamatkan pendaki ketimbang diselamatkan], teknik evakuasi tidak jauh berbeda dengan evakuasi orang dewasa normal."

Video dari evakuasi yang berlangsung lima jam itu menunjukkan tim sampai harus mengarungi sungai dan mengangkut tandu melewati semak belukar hutan di punggung gunung.

Volunteers from Wasdale mountain rescue team take turns to carry 121lb (55kg) St Bernard dog, Daisy from England's highest peak, Scafell Pike, Sunday July 26, 2020. The mountain rescue team spent nearly five hours rescuing St Bernard dog Daisy, who had collapsed displaying signs of pain in her rear legs and was refusing to move, while descending Scafell Pike. The Wasdale Mountain Rescue team rely on public contributions to their JustGiving.com/wasdalemrt page to fund their mountain safety efforts. (Wasdale Mountain Rescue via AP)Tim penyelamat yang sedang memapah Daisy turun gunung. (AP/Wasdale mountain rescue)

Setelah tim mencapai kaki gunung, Daisy yang sudah merasa membaik langsung bangkit kembali dan bahkan berhasil mengibas-ngibaskan ekornya.

"Dia tampaknya merasa sedikit bersalah dan sedikit malu karena telah "menodai" citra keluarganya [sebagai anjing penyelamat] luntur," kata tim penyelamat.

Pertama kali dibiakkan sebagai kawan penjelajah dan pemandu oleh para penghuni St Bernard Pass yang berlokasi di pegunungan antara Swiss dan Italia, anjing St Bernard telah dianggap sebagai hewan yang telah menyelamatkan ratusan orang selama berabad-abad.

(AFP/ard)

[Gambas:Video CNN]