Indonesia Care, Kemenparekraf Kampanyekan Protokol Kesehatan

Kemenparekraf, CNN Indonesia | Selasa, 04/08/2020 15:25 WIB
Kemenparekraf meluncurkan inisiatif panduan protokol kesehatan berwisata di era new normal lewat InDOnesia CARE. Kemenparekraf meluncurkan inisiatif panduan protokol kesehatan berwisata di era new normal lewat InDOnesia CARE. (Foto: Dok.Kemenparekraf)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan InDOnesia CARE sebagai simbol dukungan terhadap sektor pariwisata dalam negeri yang diharapkan dapat segera kembali bangkit di era new normal. InDOnesia CARE merupakan panduan protokol kesehatan yang mengedepankan usaha terbaik dalam mewujudkan kebersihan, kesehatan, dan keselamatan bersama di destinasi-destinasi wisata.

Tak hanya panduan di hotel dan restoran, Kemenparekraf juga memiliki protokol kesehatan untuk industri kreatif. Panduan tersebut bertujuan memberi rasa nyaman bagi wisatawan di tengah masa transisi adaptasi kenormalan baru.

Masing-masing panduan dibuat mendetail, mencakup panduan umum dan khusus sesuai ketentuan pemerintah. Panduan umum meliputi manajemen atau tata kelola yang diterapkan bagi semua pihak, mulai dari pengusaha atau pengelola, karyawan, tamu, hingga pemerintah dan asosiasi terkait.


Sementara, panduan khusus mencatat hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan, termasuk penyediaan prosedur standar operasional (SOP) untuk meminimalisir kontak langsung.

Selain mengutamakan kebersihan, kesehatan, dan keselamatan, panduan InDOnesia CARE juga berbicara soal kelestarian lingkungan. Lima poin di dalamnya mencantumkan pentingnya penggunaan perlengkapan dan bahan yang ramah lingkungan, efisiensi pemanfaatan air dan sumber energi, pengolahan sampah dan limbah cair, kenyamanan lingkungan yang asri dan nyaman, serta pemantauan penerapan panduan dan SOP di lokasi.

Lewat buklet, artikel, dan video tutorial dari berbagai sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif, informasi dalam InDOnesia CARE disebut akan senantiasa diperbaharui secara berkala. 

Simbol InDOnesia CARE yang berarti Indonesia Peduli pun sengaja dibuat menyoroti kalimat 'I do care' sebagai penekanan bahwa Indonesia memperhatikan kebersihan, kesehatan, dan keselamatan wisatawan. Untuk itu, masyarakat diharapkan mendukung dengan bijak berwisata sambil mematuhi protokol yang berlaku.

(rea)