7 Jenis Tanaman Rambat yang Berbunga

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 11/08/2020 09:29 WIB
Tanaman rambat hias tumbuh dengan cepat dan mudah dirawat. Berikut 7 macam tanaman rambat yang berbunga untuk memperindah pekarangan rumah Anda. Tanaman rambat hias tumbuh dengan cepat dan mudah dirawat. Berikut 7 macam tanaman rambat yang berbunga untuk memperindah pekarangan rumah Anda. (Foto: iStockphoto/Andreas Steidlinger)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tanaman rambat merupakan jenis tanaman hias yang banyak dimanfaatkan sebagai dekorasi maupun pengamuflase bidang rumah. Karakteristiknya yang tumbuh menjalar dapat mengubah halaman, balkon, maupun kebun yang menjadi lebih menarik dan tak monoton.

Tanaman rambat tumbuh dengan cepat dan tergolong mudah dirawat. Tanaman rambat bisa ditanam langsung di taman atau ditaruh di pot kecil jika memiliki ruang terbatas.

Bahkan beberapa jenis tanaman rambat mudah beradaptasi sehingga dapat ditanam dan menjalar sendiri tanpa terali, pilar, atau tiang pancang.


Tanaman rambat terbagi atas dua jenis, yakni yang berbunga dan tanaman rambat yang tidak berbunga. Tanaman rambat berbunga paling pasti akan ditumbuhi bunga. Namun tidak ada perbedaan ciri lainnya seperti tanaman rambat pada umumnya. Berikut ciri tanaman rambat bunga.

  • Memiliki sulur, daun yang termodifikasi menjadi tendril daun
  • Batang tumbuhan seperti melilit, umumnya terjadi untuk beradaptasi dengan media yang ditumpangi
  • Pada bagian batang akan tumbuh akar
  • Membutuhkan media lain untuk tumbuh, dapat menumpang di tumbuhan lain, atau menggunakan batu dan kayu untuk rambatan


Menanam Tanaman Rambat Berbunga

Banyak tanaman rambat yang mudah tumbuh dari biji termasuk pohon cemara, black eyed susan vine, dan morning glory.

Secara umum tanaman merambat akan akan tumbuh dengan baik di tanah yang gembur dan berdrainase baik. Untuk memastikan tanaman mendapat air yang cukup dan lembap, gali lubang pada tanah dua kali lebih besar dari bola akar tanaman sedalam mungkin.

Setelah itu taburkan pupuk kandang yang sudah tua atau kompos ke dalam tanah di dasar lubang, lalu baru masukkan tanaman ke dalam lubang yang telah dibuat.

Kemudian buat baskom tanah yang lebih banyak di atas zona akar. Hal ini diperuntukkan agar air tidak akan mengalir sebelum sempat meresap ke dalam tanah. Sirami secara teratur. Lalu lapisi dengan penutup tanaman dapat berupa plastik.

Untuk perawatan, pastikan kadar air tanaman tetap terjaga, terutama pada musim tanam pertamanya. Kecuali jika tanaman tersebut lebih cocok dengan karakter tanah yang kering.

Jangan lupa beri pupuk secara teratur dan pangkas sesuai kebutuhan agar bentuknya tetap terjaga.

Banner GIF Tips Merawat Tanaman Hias

Contoh Tanaman Rambat yang Berbunga

1. Flame of Irian

Mucuna bennettii F. Muell, the orange flower in the forestFoto: iStockphoto/dornsay
Flame of irian adalah tanaman rambat yang berbunga yang sering disebut kuku macan.

Tanaman ini adalah salah satu flora endemik dari tanah Papua, Indonesia. Orang-orang sering menyebutnya juga dengan nama Kuku Macan.

Flame of Irian tergolong tanaman rambat gantung yang dapat tumbuh dengan baik pada hutan dataran rendah dengan suhu panas berkisar 30-35 derajat Celsius.

Selain itu dapat berbunga selama 3-5 kali dalam satu bulan. Satu hal yang paling mencolok dari sang Kuku Macan ini adalah warna merah merona pada bunga. Selain sebagai tanaman hias, tumbuhan ini juga punya khasiat sebagai obat.

2. Tanaman rambat Morning Glory

[Gambas:Instagram]

Sebagian besar bunga dari tanaman rambat morning glory terurai menjadi mekar penuh di pagi hari. Bunga-bunga biasanya mulai memudar beberapa jam sebelum "kelopak" mulai menunjukkan keriting yang terlihat.

Tanaman dengan nama ilmiah Ipomea ini lebih suka paparan sinar matahari penuh sepanjang hari. Beberapa jenis tanaman rambat hias morning glory seperti Ipomoea muricata merupakan bunga yang mekar di malam hari.

3. Dipladenia

Mandevilla with white flowersFoto: iStockphoto/seven75
Mandevilla adalah jenis tanaman rambat yang berbunga yang senang dengan sinar matahari.

Masuk dalam keluarga Mandevilla tetapi memiliki pola pertumbuhan yang jelas berbeda. Tanaman ini akan merambat terus dan mencari arah cahaya matahari.

Selain itu tanaman rambat yang berbunga satu ini memiliki batang tanaman yang tumbuh menggantung serta memiliki daun yang halus dan sangat runcing. Daun itu juga sangat hijau dan berkilau.

4. White Clematis

[Gambas:Instagram]

Tanaman ini dikenal juga dengan nama Janggut Orang Tua. Tanaman rambat hias asli Amerika Utara dan kemudian tersebar luas di Amerika Serikat bagian barat di belukar tepi sungai, lereng bukit berhutan, dan hutan jenis konifera

Serupa dengan namanya, tanaman ini memiliki bunga berwarna putih yang mirip bunga melati. Selain itu ebih cocok ditanam di dataran tinggi yang memiliki suhu udara sejuk.

5. Black Eyed Susan Vine

[Gambas:Instagram]

Black Eyed Susan Vine dapat tumbuh dengan cepat dan memiliki bunga dengan warna, uning, oranye, atau putih cerah.

Dapat ditemukan di vegetasi Cerrado di Brazil dan Hawaii, bersama dengan Australia bagian timur dan Amerika Serikat bagian selatan di negara bagian Texas dan Florida, serta di Puerto Riko.

6. Blue Sky Vine

[Gambas:Instagram]

Blue Sky Vine dapat ditemukan di China, India, Nepal, Indochina, dan Burma, serta dinaturalisasi secara luas di berbagai tempat lain.

Tinggi tumbuhan ini bisa mencapai 20 meter. dan memiliki sistem akar yang panjang dengan akar tunggang yang dalam. Daun-daunnya yang berpetiol dan saling berlawanan memeiliki permukaan yang kasar dan ukuran yang bervariasi.

7. Trumpet Vine

Trumpet Vine in Full Flower hanging over a White WallFoto: iStockphoto/stevebphotography
Trumpet Vine adalah tanaman rambat yang berbunga yang cocok dengan tempat sejuk.

Bunga berwarna oranye atau merah ini mekar pada sepanjang musim panas. Tanaman rambat dinding Trumpet Vine ini paling baik ditanam pada tempat yang sejuk.

Setelah berkembang, tanaman rambat berbunga satu ini menghasilkan biji seperti kacang yang menarik. Selain itu bunga tanaman ini sangat menarik bagi burung kolibri, sang burung pun berfungsi untuk menyebarkan serbuk bunga.

(ndn/fef)

[Gambas:Video CNN]