5 Cara Mengatasi Kulit Kusam Tampak Cerah

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 06/08/2020 17:14 WIB
Kondisi kulit yang tak sehat ditandai dengan warna kulit yang tidak rata, lelah, muram dan tak berseri. Tanda-tanda kulit kusam ini harus segera diatasi. Ilustrasi. Kondisi kulit yang tak sehat ditandai dengan warna kulit yang tidak rata, lelah, muram dan tak berseri. Tanda-tanda kulit kusam ini harus segera diatasi. (Istockphoto/simarik)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kulit kusam merupakan kondisi kulit yang tidak sehat ditandai dengan warna kulit yang tidak rata, lelah, muram, dan tidak berseri. Kondisi kulit ini mesti segera diatasi dengan baik agar kulit kembali sehat dan tampak cerah bercahaya.

Kulit kusam dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti sel kulit mati, dehidrasi, diet, dan kurang tidur. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit kusam agar kembali tampak cerah.

Berikut cara mengatasi kulit kusam.


1. Eksfoliasi kulit

Mulailah dengan rutin mengeksfoliasi kulit. Mengeksfoliasi kulit merupakan cara paling efektif untuk menjaga kulit agar tidak terlihat kusam.

Eksfoliasi merupakan proses pengelupasan kulit mati. Eksfoliasi dapat dilakukan dengan masker dan scrub. Gunakan bahan masker dan scrub yang cocok untuk kulit. Lakukan eksfoliasi rutin setiap 1-2 kali seminggu.

2. Gunakan pelembab

Kulit kusam sering kali karena kulit kering. Oleh karena itu gunakan pelembab berbahan dasar air terutama setelah mencuci muka. Pelembab dapat menjaga kandungan air di dalam kulit sehingga dapat mengatasi dan mencegah kulit kusam.

3. Minum yang cukup

Konsumsilah air putih yang cukup untuk menjaga kulit terhidrasi dengan baik. Kulit yang terhidrasi bakal tampak lebih cerah.

Selain minuman, konsumsi pula makanan bernutrisi tinggi yang baik untuk kulit seperti buah dan sayuran yang mengandung antioksidan dan vitamin. Antioksidan mampu menjaga kulit dari radikal bebas yang juga berkontribusi membuat kulit kusam.

Sedangkan vitamin mampu meningkatkan elastisitas dan kecerahan kulit.

Ilustrasi Air PutihIlustrasi: Minum air yang cukup akan membantu kulit terhidrasi dengan baik, jika sudah begitu, kulit akan cerah. (Foto: Hyrma/Thinkstock)

4. Olahraga

Dikutip dari Foreo, rutin berolahraga dapat merangsang dan memperlancar aliran darah yang penting untuk membuat kulit bercahaya. Darah yang mengalir ke seluruh tubuh dengan baik dapat mengirimkan nutrisi penting ke kulit wajah sehingga kulit tampak lebih sehat.

5. Hindari merokok

Hindari merokok dan jauhi asap rokok. Merokok dan asap rokok meningkatkan radikal bebas dan menghilangkan keremajaan kulit. Merokok dapat membuat kulit tampa tua dan lebih pucat sehingga terlihat kusam.

(ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]


ARTIKEL TERKAIT