Yang Harus Diperhatikan saat Memilih Yogurt Sehat

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 07/08/2020 07:30 WIB
Yogurt dikenal sebagai makanan yang kaya nutrisi. Semua nutrisi itu bisa didapatkan secara lengkap jika Anda memilih yogurt yang tepat. Ilustrasi. Semua nutrisi lengkap pada yogurt bisa didapatkan jika Anda memilih yogurt yang tepat. (iStockphoto/belchonock)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bukan cuma dikenal sebagai sarapan yang praktis, yogurt juga menjadi sumber protein, kalsium, kalium, dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Semua nutrisi itu bisa didapatkan secara lengkap jika Anda memilih yogurt yang tepat.

Saat ini, banyak yogurt mengandung berbagai bahan tambahan seperti pemberi rasa buatan. Beberapa jenis yogurt bahkan mengandung hingga 20-25 gram gula per 5 ons. Tak sedikit pula dari yogurt di pasaran yang mengandung gula tambahan.

Meski dikenal sebagai makanan yang menyehatkan, yogurt dengan rasa manis akan lebih baik jika dihindari.


Melansir The Daily Meal, jika gula termasuk ke dalam empat bahan teratas dalam label nutrisi yang tertera pada kemasan, maka pertimbangkan kembali untuk memasukkan yogurt tersebut ke dalam keranjang.

Alih-alih memilih yogurt dengan gula tambahan, Anda disarankan untuk membeli yogurt tawar tanpa rasa. Anda bisa menambahkan sendiri pemanis atau perasa alami seperti kayu manis, madu, atau buah-buahan favorit.

Cari juga yogurt tinggi protein. Setidaknya yogurt mengandung 5 gram protein atau lebih dalam setiap porsinya. Jumlah protein itu dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Yogurt Yunani umumnya memiliki kandungan protein dua kali lipat daripada umumnya. Hal yang sama juga bisa ditemukan dalam yogurt Islandia yang biasa disebut 'skyr'.

Anda tak perlu khawatir soal kandungan probiotik dalam yogurt. Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat mengharuskan semua yogurt untuk memiliki kandungan probiotik.

Namun, beberapa yogurt memang ditemukan memiliki kandungan probiotik yang lebih banyak daripada umumnya. Konsultasikan dengan dokter soal kandungan probiotik tersebut.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]