Cara yang Patut Dicoba untuk Menghilangkan Bau Bawang Putih

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2020 06:14 WIB
Aroma bawang putih bisa bertahan di kerongkongan hingga 48 jam setelah makan alias sekitar dua hari. Berikut cara menghilangkan bau bawang putih. Ilustrasi: Aroma bawang putih bisa bertahan di kerongkongan hingga 48 jam setelah makan alias sekitar dua hari. Berikut cara menghilangkan bau bawang putih. (Foto: Pixabay/condesign)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bawang putih mampu memberikan rasa yang nikmat saat ditambahkan sebagai bumbu dalam makanan. Namun di balik sensasi sedap masakan tersebut, bawang putih meninggalkan bau yang menyengat.

Bau bawang putih dapat tertinggal di tangan dan juga mulut Anda. Namun jangan khawatir, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau bawang putih tersebut.


Kandungan senyawa sulfur dan allicin menjadi alasan bawang putih memiliki bau yang khas. Bau bawang putih di tangan dapat dihilangkan dengan cara mencuci tangan dengan bersih.

Namun, bau bawang putih di mulut dan kerongkongan sulit dihilangkan hanya dengan kumur-kumur. Bau bawang putih dapat bertahan di kerongkongan hingga 48 jam setelah di makan.

Berikut cara menghilangkan bau bawang putih.

Pedagang bawang menunggu pembeli di PAasr Minggu, Jakarta Selatan. Harga bawang putih per kilogram Rp 37 ribu , sebelumnya harga bawang perkilonya Rp 35 ribu kenaikan sudah berlangsung sejak bulan lalu dikarenakan musim hujan membuat pasokan berkurang. CNN Indonesia / Ajeng Dinar Ulfiana.Ilustrasi: Bau bawang putih bisa bertahan di kerongkongan hingga 48 jam. (Foto: CNN Indonesia/Ajeng Dinar Ulfiana)

1. Mengunyah daun mint

Setelah memakan bawang putih, kunyahlah beberapa daun mint. Daun mint memiliki rasa dan aroma yang kuat dan menyegarkan sehingga dapat menghilangkan bau bawang putih. Daun mint juga akan membuat nafas menjadi lebih segar.

2. Minum teh hijau

Teh hijau juga bisa menjadi solusi untuk bau bawang putih yang khas. Teh hijau memiliki aroma dan efek yang menenangkan sehingga dapat membasmi bau bawang putih.

Selain teh hijau, teh kayu manis juga dapat diseduh memiliki efek yang sama untuk menghilangkan bau bawang putih.

3. Minum lemon

Buah lemon juga bisa menghilangkan bau bawang putih. Lemon memiliki asam yang kuat sehingga dapat menetralkan bau bawang putih yang tersisa. Lemon dapat diminum dengan campuran air atau pun memakan buahnya secara langsung.

4. Makan buah apel

Ilustrasi buah ApelIlustrasi: Menurut peneliti, makanan menghilangkan bau bawang putih dengan dua mekanisme yakni enzim dalam makanan mentah yang membantu menghancurkan bau dan, senyawa fenolik dalam makanan mentah atau matang yang memusnahkan volatil--kandungan yang mengakibatkan napas bau bawang. (Foto: PublicDomainPictures/Pixabay)

Buah apel juga dapat membantu menghilangkan bau bawang putih. Sebuah studi di Science Daily menunjukkan apel dapat menghilangkan bau bawang putih secara efektif.

5. Makan selada

Sayur selada segar juga dapat menyamarkan bau bawang putih. Konsumsi bawang putih bersamaan dengan selada untuk mencegah bau bawang putih tersisa di mulut.

(ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]