Jadwal Puasa Sunah Bulan Muharram: Asyura dan Tasu'a

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 12/08/2020 19:15 WIB
Tahun baru Islam akan memasuki yang ke-1442 ditandai dengan masuknya bulan Muharram. Terdapat sejumlah tanggal penting dan jadwal sunah bulan Muharram. Ilustrasi: Tahun baru Islam akan memasuki yang ke-1442 ditandai dengan masuknya bulan Muharram. Terdapat sejumlah tanggal penting dan jadwal sunah bulan Muharram. (Foto: Istockphoto/mustafagull)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kalender Hijriah bakal memasuki tahun baru Islam yang ke-1442. Tahun baru Islam ditandai dengan masuknya bulan Muharram.

Terdapat sejumlah tanggal penting dan jadwal puasa sunah bulan Muharram, termasuk puasa Asyura dan Tasu'a. Tanggal 1 Muharram 1442 Hijriah bertepatan dengan Kamis, 20 Agustus 2020.

Adapun puasa Tasu'a dilakukan pada 9 Muharram yang bertepatan dengan Jumat, 28 Agustus 2020. Sementara puasa Asyura dilakukan pada 10 Muharram yang bertepatan dengan Sabtu, 29 Agustus 2020.



Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan termasuk puasa sunah di bulan Muharram. Bulan Muharram memiliki sejumlah keutamaan.

Bulan ini merupakan satu dari empat bulan haram atau bulan suci di sisi Allah SWT. Tiga bulan lainnya adalah Dzulqa'dah, Dzulhijjah, dan Rajab. Ketentuan mengenai bulan suci ini terdapat dalam Surat At Taubah ayat 36. Di bulan ini, umat Islam dilarang menganiaya diri.

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram (suci). Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu," terjemahan Surat At Taubah ayat 36.

Bulan Muharram juga dikenal dengan bulan Allah atau Syahrullah. Setiap amalan akan bernilai pahala yang besar di sisi Allah SWT.

Salah satu amalan yang sangat dianjurkan adalah berpuasa. Berpuasa pada bulan Muharram memiliki derajat yang tinggi setelah puasa Ramadan.

"Seutama-utama salat setelah salat wajib adalah salat pada sepertiga akhir malam, dan seutama-utama puasa setelah puasa Ramadan adalah puasa di bulan Muharam," Hadis Riwayat Muslim.

[Gambas:Video CNN]

Terdapat dua puasa sunah yang dapat dilakukan khusus pada bulan Muharram yakni puasa Tasu'a pada 9 Muharram dan puasa Asyura pada 10 Muharram.

Selain itu umat Islam juga dapat melakukan puasa sunah lainnya seperti puasa Daud, puasa Senin Kamis, dan puasa Ayyamul Bidh.

Selain berpuasa, memasuki tahun baru Islam, setiap Muslim juga disunahkan untuk bersyukur dan mengevaluasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Berikut tanggal penting dan jadwal puasa sunah bulan Muharram 1442 H/2020.

Tahun baru Islam 1 Muharram: 20 Agustus.
Puasa Tasu'a 9 Muharram: 28 Agustus.
Puasa Asyura 10 Muharram: 29 Agustus.
Puasa Ayyamul Bidh 13-15 Muharram: 1-3 September.
Akhir bulan Muharram: 17 September.
Awal bulan Shafar: 18 September.

(ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]