Cara Mudah Menanam dan Merawat Blueberry dengan Pot

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 14/08/2020 07:04 WIB
Meski identik dengan buah subtropis, tapi buah blueberry bisa ditanam di dalam pot dengan cahaya matahari yang cukup seperti di Indonesia. Ilustrasi. Meski identik dengan buah subtropis, tapi buah blueberry bisa ditanam di dalam pot dengan cahaya matahari yang cukup seperti di Indonesia. (Istockphoto/LOVE_LIFE)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menanam buah blueberry tengah populer di masa pandemi Covid-19. Meski identik dengan buah subtropis, blueberry bisa ditanam dengan mudah di dalam pot dengan cahaya matahari yang cukup, seperti di Indonesia.

Blueberry merupakan buah yang kaya akan antioksidan. Blueberry juga tinggi akan serat, vitamin C, vitamin K, dan mangan. Blueberry dapat mencegah peradangan, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sistem imun, dan mencegah kanker.

Khasiat ini bisa didapat dengan menanam buah blueberry di rumah.


Berikut bahan dan peralatan yang dibutuhkan.

1. Bibit atau biji blueberry, direkomendasikan dua varietas berbeda

2. Pot, direkomendasikan kedalaman 45 cm dengan lubang drainase

3. Tanah bernutrisi

4. Tanah asam

5. Pupuk organik

Berikut cara mudah menanam blueberry di dalam pot.

1. Pilih pot yang tepat

Pilih-lah pot yang tepat untuk menanam buah blueberry. Disarankan untuk menggunakan pot dengan kedalaman 45 cm agar tanaman dapat menghasilkan buah dalam jangka waktu yang panjang. Lubang drainase juga sangat diperlukan untuk menanam buah blueberry.

2. Memilih varietas blueberry

The Spruce merekomendasikan untuk memilih dua varietas blueberry. Pasalnya, buah blueberry merupakan buah yang tumbuh membutuhkan teman. Sehingga diperlukan dua tanaman blueberry dari dua varietas yang berbeda untuk penyerbukan silang, tiga tanaman bahkan lebih baik. Tempatkan pot dengan jarak berdekatan.

3. Siapkan tanah

Blueberry membutuhkan tanah yang asam dengan pH antara 4 hingga 4,8. Tanah ini berguna untuk menyerap air dan nutrisi untuk menghasilkan buah beri yang baik. Umumnya tanah biasa tak mengandung kadar asam. Anda dapat menyiasatinya dengan mencampurkan tanah biasa dengan tanah asam yang dapat dibeli di penjual tanaman. Dapat pula menggunakan pupuk yang khusus untuk tanaman yang menyukai asam.

4. Tanam Blueberry

Tanam bibit atau pun biji blueberry di dalam pot. Segera siram tanaman secara menyeluruh untuk mengendapkan tanah dan menghilangkan celah udara di sekitar akar.

5. Siram dengan air

Blueberry membutuhkan banyak air. Tanaman ini menyukai tanah lembap yang tidak basah. Oleh karena itu, siram blueberry setiap hari bahkan saat hujan. Selalu periksa tanah dengan jari untuk melihat kelembapan tanah.

6. Sinar matahari yang cukup

Letakkan blueberry di tempat yang mendapatkan sinar matahari yang cukup. Blueberry membutuhkan sinar matahari sekitar enam hingga delapan jam setiap hari.

7. Pupuk dan keasaman tanah

Beri pupuk secukupnya saat awal menanam dan tambahkan setiap satu bulan sekali. Selain itu, rutin periksa keasaman tanah agar blueberry tetap dapat tumbuh dengan baik.

8. Waspada hama

Banyak hama seperti burung menyukai buah blueberry. Oleh karena itu, lindungi tanaman Anda dari hama yang mengganggu. Untuk melindungi blueberry dari burung, berikan jaring burung di sekeliling tanaman atau membungkus tanaman dengan plastik.

Berhati-hati menggunakan pestisida untuk serangga, cacing, dan belatung. Pilih-lah pembasmi yang aman atau organik.

Selain itu, jika daun menguning, hal ini menjadi tanda bahwa tanah memiliki pH yang tinggi. Campurkan tanah dengan tanah asam atau pupuk khusus untuk tanaman asam.

9. Panen

Umumnya, blueberry menghasilkan buah pada satu hingga dua tahun setelah ditanam. Buah blueberry bisa dipanen dan siap dipetik setelah dua hingga empat bulan setelah berbunga.

Tanaman blueberry akan terus menghasilkan bunga dan buah hingga bertahun-tahun setelahnya. Tanaman blueberry dapat hidup hingga lebih dari 50 tahun.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA