Jadi Tren Background, Rak Buku Gambarkan Kepribadian Orang

tim, CNN Indonesia | Rabu, 19/08/2020 13:35 WIB
Salah satu background yang paling populer saat meeting online adalah rak buku. Rak buku ini ternyata bisa menggambarkan kepribadian seseorang. Salah satu background yang paling populer saat meeting online adalah rak buku. Rak buku ini ternyata bisa menggambarkan kepribadian seseorang. ( Jay Mantri)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apa yang paling Anda perhatikan ketika akan melakukan meeting online? Baju? Rambut? Make up? Itu sudah pasti.

Tapi jangan lupa background Anda. Salah satu background yang paling populer adalah rak buku. Dari selebriti, selebgram, sampai peneliti, sampai orang biasa, memakai rak buku sebagai background ketika mereka melakukan wawancara online, panggilan video, atau meeting online.

Biasanya rak buku (biasanya dalam bentuk gambar) digunakan sebagai backdrop untuk foto wisuda. Ini tentu saja yang terbersit dalam pikiran Anda. Namun kini gambar itu berubah menjadi salah satu hal terpopuler selama pandemi virus corona. 


Adakah alasan di balik kegemaran orang memilih rak buku sebagai latar belakang video mereka?

Mengutip The Guardian, rak buku adalah representasi fisik yang intim dari pencapaian Anda atau prestasi, aspirasi, asosiasi, pengembangan diri, inspirasi, dan minat. Secara tak langsung rak buku menggambarkan kepribadian dan juga tingkat 'kecerdasan' Anda.

Rak buku menggambarkan kepribadian orang

Menjadikan rak buku di rumah sebagai latar belakang video secara tak langsung membiarkan orang untuk membaca kepribadian Anda.

Berbagi gambaran rak buku Anda berarti berbagi tentang diri Anda sendiri - menampilkan blok bangunan yang telah membentuk pengetahuan, kepribadian, dan identitas Anda. Sementara internet telah lama menghargai voyeurisme dalam berbagi dan melihat foto buku indah sebagai objek, perpustakaan besar sebagai pusat kecerdasan, dan rak buku sebagai keajaiban desain, maka dengan kata lain, rak buku juga bisa menjadi statement kepribadian seseorang.

Bagaimana membaca kepribadian orang lewat rak buku? Perhatikan saja bagaimana mereka menata buku dan jenis buku apa yang dimilikinya.

Cara mengatur, menyusun, dan menampilkan judul-judul buku memberikan lebih banyak wawasan tentang kepribadian seseorang. Cara seseorang mengatur buku-bukunya menggambarkan kepribadiannya lebih dari sekadar apa yang mereka baca.

1. Berdasar abjad

Cara paling umum adalah dengan menyusun buku berdasarkan abjad penulisnya. Hal ini menunjukkan bahwa bahwa kepraktisan dan kemudahan ditemukan adalah prioritas buat Anda. Anda juga orang yang tradisional.

Mengutip House Beautiful, orang-orang dengan gaya ini cenderung senang dengan hal-hal klasik, tradisional. Tak ada yang membuat Anda lebih bahagia dibanding bisa dengan mudah mengambil buku yang ingin dibaca teman dengan mudah karena tahu nama penulisnya.

2. Menumpuk ke atas

Tak semua orang senang dengan gaya rak buku dengan gaya bersisian. Ada juga yang lebih suka dengan gaya menumpuk ke atas atau vertical stacks.

Hal ini menggambarkan diri bahwa Anda adalah sosok orang yang suka dengan tren terbaru.

3. Menempatkan subyek di antara

Ada orang yang lebih memilih untuk menempatkan sesuatu sesuai peruntukkannya. Misalnya buku resep diletakkan di dapur, atau majalah fashion diletakkan di kamar. Tujuannya? agar mudah dijangkau.

Anda tergolong orang yang ingin menghemat waktu akan segala sesuatunya. Anda lebih pilih menghabiskan waktu untuk memasak dibanding berpusing-pusing ria untuk mencari buku resep yang ada di meja ruang tamu. Lebih baik menyimpannya di dapur.

4. Aturan kronologis

Ada beberapa orang yang sangat terorganisir untuk mengatur buku-bukunya. MIsalnya berdasarkan tahun kejadian atau topik tertentu.

Rak buku seperti menggambarkan Anda adalah seorang yang berpikir seperti akademisi yang ingin semuanya rinci dan detail.

Ilustrasi Rak Buku GantungFoto: la1234/Pixabay
Ilustrasi Rak Buku Gantung

5. Menyusun rak buku berdasar warna

Beberapa orang lebih tertarik untuk menyusun buku berdasarkan warna. Host Leho Masters Hamish Blake adalah salah satu orang yang populer dengan rak buku yang disusun berdasar warna.

Jika disusun berdasarkan warna atau ukuran potongan buku, pemilik jelas menghargai tampilan untuk menemukan judul yang tepat dengan cepat.

Anda juga termasuk orang yang ingin terlihat menonjol dan bold. Sebagian orang berpikir Anda ingin jadi pusat perhatian. Sedangkan Anda berpikir bahwa hidup hanya sekali jadi mengapa melakukan hal yang 'membosankan.' Buatlah jadi berwarna.

Bagaimana dengan Anda, apa yang rak buku untuk background video call atau meeting online katakan tentang kepribadian Anda?

Jajaran rak buku di kafe Reading RoomFoto: CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko
Jajaran rak buku

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK