WHO Sarankan Pentingnya Vaksinasi Flu di Tengah Pandemi

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/08/2020 13:30 WIB
Ahli WHO mengungkapkan pentingnya melakukan vaksinasi flu di tengah pandemi virus corona. Sebab Covid-19 yang parah umumnya berawal dari flu tak tertangani. Ilustrasi: Ahli WHO mengungkapkan pentingnya melakukan vaksinasi flu di tengah pandemi virus corona. Sebab Covid-19 yang parah umumnya berawal dari flu yang tak tertangani. (Foto: iStockphoto/licsiren)
Jakarta, CNN Indonesia --

Para ahli di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan vaksinasi flu penting dilakukan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Vaksin flu dilakukan untuk mencegah infeksi dari virus influenza.

Meski tak bisa mencegah dari Covid-19, vaksin flu dinilai penting karena dapat mengurangi keparahan infeksi virus corona.

"Jadi, benar-benar penting saat vaksin tersedia untuk flu, orang-orang menggunakan vaksin itu," kata Kepala Teknis WHO untuk Covid-19 Maria Van Kerkhove dalam konferensi pers di Jenewa, Swiss, dikutip dari CNN, Rabu (19/8).




Menurut WHO, pasien Covid-19 yang parah umumnya berawal dari flu yang tidak tertangani.

"Itu menjadi alasan mengapa sangat penting untuk meningkatkan tingkat vaksinasi flu tahun ini, bahkan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Kami membutuhkan kapasitas itu secara potensial untuk mengelola Covid-19," jelas penasihat senior di WHO, Bruce Aylward.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat juga menyatakan vaksin flu penting di tengah pandemi Covid-19.

"Mendapatkan vaksinasi flu tahun ini akan menyelamatkan nyawa," kata direktur CDC Robert Redfield, pada Juni lalu.

INFOGRAFIS AGAR TAK TERTULAR VIRUS CORONA

Menurut Global Influenza Strategy for 2019-2030 WHO, diperkirakan terdapat satu miliar kasus flu setiap tahun di seluruh dunia. Sekitar 3-5 juta merupakan kasus parah yang mengakibatkan 650 kematian akibat flu terkait masalah pernapasan.

Di Amerika Serikat, influenza merupakan 1 dari 10 penyebab utama kematian setiap tahunnya. Dari Oktober 2019 hingga 4 April 2020, CDC memperkirakan terdapat 56 juta penyakit flu dengan 740 ribu kasus rawat inap dan 62 ribu kematian.

Vaksin flu direkomendasikan untuk setiap orang yang berusia 6 bulan ke atas. Vaksin flu bisa didapatkan di klinik dokter maupun rumah sakit.

(ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK