Manfaat Terapi Plasma Darah untuk Covid-19

tim, CNN Indonesia | Senin, 24/08/2020 13:14 WIB
FDA menyatakan manfaat terapi plasma darah untuk Covid-19 yang diketahui dan potensial lebih besar dibandingkan risiko yang ada. FDA menyatakan manfaat terapi plasma darah untuk Covid-19 yang diketahui dan potensial lebih besar dibandingkan risiko yang ada.( istockphoto/P_Wei)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengeluarkan izin penggunaan terapi plasma darah atau convalescent plasma (terapi plasma darah konvalesen) untuk mengobati Covid-19. FDA menyatakan meski terapi plasma ini memiliki beberapa risiko yang mungkin terjadi, akan tetapi manfaat terapi ini untuk pasien Covid-19 diklaim jauh lebih besar.

Terapi plasma darah adalah pengobatan yang dilakukan dengan cara menggunakan plasma darah yang mengandung antibodi virus corona dari orang yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Plasma darah itu akan ditransfusikan ke pasien Covid-19. Diharapkan, antibodi yang terdapat dalam plasma darah tersebut dapat melawan virus yang ada di dalam tubuh pasien. Terapi plasma darah digunakan untuk pasien Covid-19 dengan gejala berat.


Saat ini sejumlah penelitian uji klinis di seluruh dunia tengah dilakukan untuk melihat manfaat dan efektivitas terapi plasma darah. Indonesia juga melakukan penelitian terapi plasma darah yang dilakukan oleh pemerintah dan sejumlah lembaga.

Berdasarkan penelitian dan data yang ada, berikut manfaat terapi plasma darah untuk Covid-19.

1. Mengurangi kematian

Dalam studi yang melibatkan 70 ribu pasien Covid-19, ditemukan penggunaan terapi plasma darah dapat meningkatkan kelangsungan hidup pasien. Pasien yang dirawat lebih awal dan mendapatkan plasma yang mengandung antibodi tingkat tinggi mendapatkan manfaat terbesar dalam metode pengobatan ini.

Pasien memiliki kelangsungan hidup 35 persen lebih baik dibandingkan yang tidak mendapatkan pengobatan terapi plasma darah. Pengurangan risiko kematian sebesar 35 persen merupakan angka yang tinggi untuk sebuah penyakit.

Dikutip dari CNN, studi dari rumah sakit Houston Methodist AS juga mendapati terapi plasma darah secara signifikan mengurangi angka kematian pada pasien Covid-19.

2. Mempercepat proses penyembuhan

Terapi plasma darah dapat mempercepat proses penyembuhan pada pasien Covid-19 berat dan kritis. Saat menerima donor plasma yang mengandung antibodi, plasma dapat langsung bekerja dalam tubuh pasien melawan virus corona.

Berbeda jika dibandingkan saat pasien hanya mengandalkan kekebalan tubuhnya masing-masing.

3. Proses yang cepat

Terapi plasma darah Covid-19 dapat dilakukan dengan cepat. Pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 dapat mendonorkan darah mereka. Alat akan memisahkan sel darah merah dan plasma yang akan digunakan. Sel darah merah akan dikembalikan ke dalam tubuh pendonor dan hanya akan mengambil plasma darah saja.

Plasma darah itu akan ditransfusikan kepada pasien Covid-19. Studi di China menunjukkan dalam beberapa hari, penggunaan plasma menunjukkan tanda-tanda perbaikan pada pasien Covid-19 dengan gejala berat.

(ptj/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK