Cara-cara Alami Mengatasi Beragam Jenis Rasa Sakit Ringan

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 08/09/2020 05:16 WIB
Bahan-bahan alami, kerap digunakan mengatasi gangguan kesehatan atau rasa tak nyaman tubuh. Berikut cara-cara alami untuk mengatasi beragam rasa sakit ringan. Ilustrasi: Selain obat yang umum diminum saat sakit, sejumlah cara alami kadang dipakai untuk mengatasi beragam rasa sakit ringan, mulai dari sakit perut, sakit gigi, atau juga sakit kepala. Salah satunya, dengan akupuntur. (Foto: iStockphoto/peakSTOCK)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di Indonesia, sebagian orang kerap menggunakan teh hangat sebagai rujukan meredam beragam rasa tidak nyaman pada tubuh. Saat merasa pusing, minum teh hangat. Badan agak meriang pun minum teh hangat.

Ada betulnya, teh hangat bakal sedikit mengatasi rasa tak nyaman atau gangguan kesehatan tertentu. Sebab ada kandungan yang membuat tubuh menjadi rileks setelah meminumnya.

Tapi sebenarnya, ada pula beberapa 'obat' alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi gangguan ringan mulai dari sakit perut, sakit kepala, sakit gigi hingga rasa sakit saat menstruasi.


Berikut cara-cara alami untuk mengatasi pelbagai rasa sakit ringan.

Sakit perut menggunakan jahe atau peppermint.

Guy Citrin, dokter naturopati (metode pengobatan alami) menjelaskan, sakit perut kerap terjadi akibat gerakan peristaltik yang terlalu banyak dan kontraksi otot yang lambat pada usus. Dia pun menyarankan untuk mengambil langkah pengobatan alami yakni dengan mencoba jahe atau peppermint. Sebab keduanya akan membantu kontraksi otot polos.

Citrin melanjutkan, jahe mengandung lebih dari 100 senyawa yang membantu mengurangi peradangan, antioksidan, meningkatkan penyerapan nutrisi dan mengurangi rasa sakit. Sedangkan senyawa pada peppermint mampu mengaktifkan saluran antinyeri di usus besar.

Jahe atau peppermint bisa dikonsumsi dalam bentuk teh atau diseduh. Di pasaran, Anda bisa menemukan jahe dalam bentuk serbuk yang praktis dikonsumsi. Jahe pun bisa membantu mengatasi heartburn. Heartburn biasanya gejala yang menyertai gangguan pencernaan termasuk GERD.

Sakit kepala menggunakan akupuntur.

Aspirin atau paracetamol sering jadi solusi saat sakit kepala. Namun tak ada salahnya menjajal akupuntur jika sakit kepala kembali menyerang. Jamie Bacharach, kepala praktik di Acupuncture Jerusalem, menuturkan orang mengunjungi akupuntur karena sakit kepala atau migrain berulang.

"Daripada menutup gejala sakit kepala dengan obat di pasaran, akupuntur digunakan untuk menyasar langsung pada penyebab sakit kepala dan bertujuan untuk menghilangkannya. Dengan mengembalikan aliran energi tubuh, akupuntur menyasar pada akar permasalahan sakit kepala untuk pemulihan lebih efektif," jelas Bacharach dikutip dari She Knows.

Mengatasi batuk secara alami dengan elderberry.

Dulu dianggap sepele, kini batuk dianggap menakutkan karena jadi salah satu gejala Covid-19. Namun jika batuk yang dialami adalah batuk ringan, Anda bisa mencoba mengonsumsi elderberry. Jenis beri satu ini pun bisa membantu mengatasi selesma.

"Elderberry umum digunakan di Barat sebagai sirup untuk membantu mengatasi gejala dan mencegah flu, mulai dari radang tenggorokan, batuk, dan inflamasi, juga meningkatkan sistem imun," ujar Elizabeth Martin, terapis dan praktisi pengobatan tradisional China.

Sakit gigi menggunakan minyak lavender.

Aroma lavender dikenal mampu menenangkan sehingga digunakan sebagai bahan minyak esensial. Rupanya lavender pun bisa dijadikan komponen penghilang rasa sakit, termasuk saat Anda mengalami sakit gigi.

Valerie Bennis, terapis sekaligus pendiri Essence of Vali, menyarankan untuk mencampur 15 tetes minyak lavender dengan sekitar 30 mililiter minyak (minyak zaitun atau minyak kelapa). Oleskan campuran ini pada bagian luar dekat dengan lokasi sakit gigi. Pijatkan perlahan sembari bergantian dengan kompres es.

Aromatherapy oil bottles with flowers and green leaves, botanical natural alternative beauty, herbal wellness and spa settingIlustrasi: Aroma lavender dikenal mampu menenangkan sehingga digunakan sebagai bahan minyak esensial. Rupanya lavender pun bisa dijadikan komponen penghilang rasa sakit, termasuk sakit gigi. (Foto: iStockphoto/marrakeshh)

Sakit saat menstruasi menggunakan makanan berserat.

Ada beragam penyebab kram saat menstruasi termasuk hormon dan terkait dengan usus. Jika ini berhubungan dengan usus, sebaiknya Anda mencoba mengonsumsi makanan kaya serat.

Citrin merekomendasikan untuk mengonsumsi yogurt, oatmeal dan bayam. Kandungan prebiotik, serat dan magnesium bisa mengatasi masalah pada usus.

(els/NMA)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA