New Normal: Meski Sebentar Keluar Rumah, Tetap Harus Mandi

tim, CNN Indonesia | Kamis, 03/09/2020 18:36 WIB
Di masa New Normal setiap orang disarankan untuk menjaga kebersihan termasuk mandi setelah keluar rumah. Perlukah mandi walau hanya keluar rumah sebentar saja? Di masa New Normal setiap orang disarankan untuk menjaga kebersihan termasuk mandi setelah keluar rumah. Perlukah mandi walau hanya keluar rumah sebentar saja?(istockphoto/Shaf Bdn)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di masa New Normal pandemi virus corona, setiap orang disarankan untuk menjaga kebersihan diri termasuk mandi setelah keluar rumah.

Ini tentu saja dilakukan ketika Anda usai pergi keluar rumah untuk bekerja. Namun dalam beberapa waktu, Anda mungkin berpikir apakah perlu mandi meskipun Anda hanya keluar rumah sebentar saja? Beberapa mungkin sudah mulai melonggarkan diri dengan tidak mandi setelah pergi keluar rumah sebentar seperti ke warung atau ke minimarket. Tapi masih ada juga yang patuh dan tetap mandi.

Perlukah mandi walau hanya keluar rumah sebentar saja?


"Harus tetap (mandi), keluar durasi sebentar atau lama tidak menjamin pajanan (tak menempel pada pakaian atau kulit). Pada dasarnya saat sudah keluar rumah, kembali harus membersihkan diri dengan mandi bukan hanya mencuci muka," ujar ahli dermatologi dr. Fitria Agustina dikutip dari Antara.

Anda bisa menggunakan air dingin atau hangat untuk mandi, sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Jika Anda memilih air hangat, pastikan suhunya 37-38 derajat Celcius dengan durasi maksimal 10 menit agar tidak mengganggu kelembapan kulit. Mandi yang benar harus benar-benar membasahi seluruh tubuh dari ujung rambut (keramas) hingga ujung kaki.

"Kalau nyaman dengan air dingin, silahkan. Jika menggunakan air suhu yang direkomendasikan yakni 37-38 derajat Celcius sebetulnya suhu tubuh tidak akan panas. Rasa panas mungkin karena suhunya tidak tepat. Boleh dibilas lagi air dingin biar rasanya tidak sumuk," tutur Fitria.

Yang harus diingat, jangan menunda-nunda mandi. Mandilah segera setelah sampai di rumah. Jangan menyentuh barang-barang atau bahkan orang lain di rumah sebelum membersihkan tangan dan juga mandi.

Selain itu, pisahkan juga baju kotor yang dipakai keluar rumah dari pakaian kotor lainnya. Cuci segera secara terpisah baju luar rumah dengan menggunakan sabun sampai bersih baru kemudian dijemur.

(chs)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK