5 Teh Terbaik untuk Meredakan Gejala Asma

Tim, CNN Indonesia | Senin, 14/09/2020 15:00 WIB
Selain dengan pengobatan medis, gejala asma dapat diredakan dengan herbal seperti teh. Ilustrasi. Selain dengan pengobatan medis, gejala asma dapat diredakan dengan herbal seperti teh. (Pixabay/Skitterphoto)
Jakarta, CNN Indonesia --

Selain dengan pengobatan medis, gejala asma juga dapat diredakan dengan herbal seperti teh. Berikut teh terbaik untuk meredakan asma.

Asma merupakan kelainan kronis yang mempengaruhi lapisan saluran pernapasan. Saluran udara meradang dan menyempit sehingga menimbulkan gejala seperti sesak napas, mengi, batuk, dan nyeri dada.

Mengonsumsi beberapa teh berikut ini dapat melegakan saluran udara, sehingga mengurangi gejala asma. Berikut lima teh terbaik untuk meredakan asma.


1. Teh jahe

Jahe kaya akan nutrisi dan senyawa bioaktif. Studi menunjukkan, kandungan jahe dapat mengurangi peradangan, meredakan mual, menurunkan kadar gula darah, dan meredakan asma.

Senyawa gingerol dan shogaol dalam jahe dapat meringankan gejala asma dengan mengurangi peradangan. Dalam sebuah studi, orang yang mengonsumsi ekstrak jahe mengurangi gejala mengi 20 persen dan sesak dada hingga 52 persen.

Teh jahe dapat dibuat dengan merebus jahe yang sudah diparut.

2. Teh hijau

Teh hijau juga kaya akan antioksidan yang baik untuk mencegah sejumlah penyakit. Penelitian juga menemukan teh hijau dapat meredakan gejala asma.

Antioksidan dalam teh hijau dapat mengurangi peradangan di paru-paru, ciri-ciri umum pada penderita asma. Studi yang dipublikasikan di PubMed Central juga mendapati kafein dalam teh hijau membantu mengendurkan saluran udara hingga empat jam dan meredakan gejala asma untuk sementara.

3. Teh hitam

Selain teh hijau, teh hitam yang menjadi minuman populer di Indonesia juga bisa meredakan gejala asma.

Sama seperti teh hijau, teh hitam mengandung kafein yang mengendurkan saluran udara dan meningkatkan fungsi paru-paru.

4. Teh kayu putih

Teh kayu putih merupakan teh dari daun pohon eucalyptus. Daun pohon ini punya senyawa antioksidan yang kuat. Dikutip dari Healthline, kandungan eukaliptol terbukti dapat membantu mengobati gejala asma.

Studi mendapati, senyawa eukaliptol dapat mengurangi peradangan, menurunkan produksi lendir, dan memperluas bronkiolus, saluran di paru-paru.

Dalam studi itu, orang yang mengonsumsi eukaliptol membutuhkan 36 persen lebih sedikit obat untuk mengelola gejala asma.

5. Teh licorice

Teh licorice merupakan teh yang terbuat dari akar tanaman licorice yang bernama latin Glycyrrhiza glabra. Senyawa licorice dapat meredakan gejala asma. Teh ini sudah digunakan secara tradisional sejak bertahun-tahun lalu.

Studi mendapati, ekstrak senyawa licorice dapat meredakan gejala asma, terutama bila dikombinasikan dengan pengobatan salbutamol.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]