7 Cara Mencegah Terjadinya Klaster Keluarga Covid-19

tim, CNN Indonesia | Selasa, 08/09/2020 17:23 WIB
Ancaman penyebaran virus corona dari klaster keluarga semakin meningkat. Terdapat beberapa cara untuk mencegah klaster keluarga di masa pandemi Covid-19. ilustrasi: Ancaman penyebaran virus corona dari klaster keluarga semakin meningkat. Terdapat beberapa cara untuk mencegah klaster keluarga di masa pandemi Covid-19.(Pixabay.com)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ancaman penyebaran virus corona dari klaster keluarga semakin meningkat. Terdapat beberapa cara untuk mencegah klaster keluarga di masa pandemi Covid-19.

Klaster keluarga adalah penyebaran virus corona yang berasal dari anggota keluarga atau orang yang tinggal serumah. Biasanya, penyebaran berawal dari seseorang yang sudah lebih dahulu tertular lalu menularkannya pada anggota keluarga lain.

Setiap anggota keluarga berperan penting untuk mencegah klaster keluarga. Berikut cara mencegah klaster keluarga Covid-19.


1. Menjaga jarak

Selalu terapkan jaga jarak di rumah, terutama jika ada anggota keluarga yang kerap bepergian atau bekerja dan bertemu banyak orang. Jaga jarak semakin penting dilakukan jika ada anggota keluarga yang bergejala serupa dengan flu.

Di masa pandemi Covid-19, penting untuk menjaga jarak agar tidak terjadi penularan karena kontak dekat. Hindari pula berciuman untuk sementara waktu.

2. Memakai masker

Jika kerap bepergian keluar rumah selalu gunakan masker saat di rumah untuk menghindari penularan pada anggota keluarga. Studi menunjukkan penularan dapat terjadi bahan dari orang yang tidak memiliki gejala Covid-19. Jika sudah memiliki gejala, selalu gunakan masker setiap saat di rumah.

3. Terapkan etika bersin dan batuk

Terapkan etika bersin dan batuk yang baik. Hindari batuk dan bersin di dekat anggota keluarga. Selalu bersihkan area yang terkena cipratan batuk dan bersin.

4. Mencuci tangan

Selalu mencuci tangan dengan air dan sabun sebelum beraktivitas atau menyentuh barang di rumah. Virus corona dapat hidup di benda mati dan berpindah ke tangan.

5. Jaga kebersihan dan kesehatan

Selalu rutin membersihkan rumah dengan menyapu, mengepel, dan mengelap barang-barang dengan pembersih yang mengandung desinfektan.

Tetap pastikan seluruh anggota keluarga dalam keadaan sehat. Jika memiliki anggota keluarga dengan gejala yang tak biasa segera bawa ke dokter dengan menggunakan alat pelindung diri yang memadai seperti masker.

6. Makanan bergizi seimbang

Pastikan seluruh anggota keluarga mendapatkan asupan makanan yang bergizi seimbang untuk menunjang kekebalan tubuh. Konsumsi buah dan sayur untuk mendapatkan tambahan vitamin dan mineral yang baik untuk kekebalan tubuh.

7. Aktivitas fisik yang menyenangkan

Pastikan seluruh anggota keluarga di rumah melakukan aktivitas fisik yang menyenangkan. Aktivitas fisik juga penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh perlu juga istirahat yang cukup dan mengelola stres. Beri pula dukungan dan perhatian pada seluruh anggota keluarga.

8. Sirkulasi

Pastikan sirkulasi udara di rumah berjalan dengan baik. Jika sirkulasi rumah tak baik maka pastikan Anda membuka semua jendela dan pintu di pagi hari demi pergantian udara. 

(ptj/chs)

[Gambas:Video CNN]