Area Kemah Mewah Kelas Dunia di Pulau Terpencil Sumbawa

CNN Indonesia | Selasa, 15/09/2020 18:30 WIB
Ada area berkemah mewah di Pulau Sumbawa. Di tengah lahan puluhan hektare, tamu bisa menjajal beragam kegiatan wisata dalam Kamar jenis Jungle Tent di Amanwana, Pulau Moyo, Sumbawa. (Dok. Amanwana)
Jakarta, CNN Indonesia --

Nusa Tenggara Barat identik dengan Lombok. Namun jangan lupakan Pulau Sumbawa yang juga memiliki keunikan tersendiri.

Berlokasi di Pulau Moyo (Mojo Island jika disebut turis mancanegara), terdapat tempat penginapan bernama Amanwana yang menawarkan sensasi bermalam dalam tenda glamping dengan fasilitas dan layanan bak resor mewah di pulau pribadi.

Mulai 15 September 2020, tempat penginapan yang namanya diambil dari bahasa Sansekerta dengan arti hutan kedamaian ini kembali dibuka di era normal baru. Tentu saja dengan protokol kesehatan yang ketat.



Karena berada di pulau terpencil, Amanwana menjamin ketenangan dan privasi setiap tamunya.

Ada 12 tenda berkonsep glamping yang bisa diinapi di tengah area seluas 32 ribu hektare dengan pemandangan langsung ke Laut Flores.

Untuk menuju ke tempat penginapan ini, turis bisa naik pesawat dari Bandara Internasional Ngurah Rai di Bali ke Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin III di Sumbawa kurang lebih berdurasi 1 jam.

Setelah mendarat di Sumbawa, turis akan dijemput oleh tim transportasi untuk naik kapal cepat menuju Pulau Moyo.

Dari penerbangan sampai pelayaran, mata turis akan dimanjakan oleh pemandangan darat dan lautan Pulau Sumbawa yang mempesona dan seakan belum tersentuh modernisasi.

Sesampainya di tempat penginapan, turis bisa langsung beristirahat, mengisi perut di restoran, atau langsung berkegiatan di pantai.

Amanwana di Pulau Moyo, Sumbawa, Indonesia.Keindahan Pulau Moyo dari ketinggian. (Dok. Amanwana)

Amanwana dikelilingi oleh laut dan hutan yang masih menjadi habitat alami kawanan Penyu Sisik, Penyu Hijau, Belut Moray, lobster, Ikan Kakatua dan paus. Tak heran jika Pulau Moyo menjadi salah satu spot snorkeling dan diving ternama di dunia.

Trip menyelam bakal membawa turis ke sejumlah spot snorkeling dan diving di Pulau Satonda yang berpemandangan langsung ke Gunung Tambora.

Selain menyelam, turis juga bisa memancing, kayaking, berlayar, atau menjelajah hutan di sekitarnya dengan bersepeda atau mendaki sampai Air Terjun Barry yang menjadi salah satu hidden gems di Pulau Moyo.

Bagi yang ingin berbagi, bisa juga mengikuti kegiatan tim bersama Island Home Schooling, yang bakal menyambangi anak-anak sekolah untuk berbagi ilmu dan keceriaan.

Setelah seharian berkegiatan di luar ruang, jangan lupa untuk memanjakan diri di spa tengah hutan mereka, Jungle Cove Spa.

Kalau berhasil mendapat ikan saat memancing, bisa juga meminta tim memasakkan hasil tangkapan tersebut. Kita tinggal menunggunya dengan santai di restoran yang berada di tepi pantai.

Amanwana di Pulau Moyo, Sumbawa, Indonesia.Interior kamar di tiap tenda. (Dok. Amanwana)

Ada dua tipe kamar yang ditawarkan di Amanwana, yang berpemandangan hutan Jungle Tent dan yang berpemandangan lautan Ocean Tent.

Untuk bisa bermalam di tempat penginapan yang merupakan properti dari jaringan hotel internasional Aman ini, turis bisa merogoh kocek mulau dari US$1300 (sekitar Rp20 juta) per malam.

Harga tersebut sudah termasuk kamar di tenda glamping seluas 58 meter persegi yang nyaman, serta sarapan, makan siang, dan makan malam untuk dua orang.

Amanwana di Pulau Moyo, Sumbawa, Indonesia.Area spa yang berpemandangan langsung ke laut. (Dok. Amanwana)

(ard)

[Gambas:Video CNN]