3 Trik Food Photography yang Menggugah Selera

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 19/09/2020 12:06 WIB
Setiap kali membuka media sosial, salah satu yang kerap terbuka di explore adalah foto aneka makanan yang menggiurkan dan menarik perhatian. Ini triknya. Setiap kali membuka media sosial, salah satu yang kerap terbuka di explore adalah foto aneka makanan yang menggiurkan dan menarik perhatian. Ini triknya.(Raw Pixel)
Jakarta, CNN Indonesia --

Setiap kali membuka media sosial, salah satu yang kerap terbuka di explore adalah foto aneka makanan yang menggiurkan dan menarik perhatian.

Apalagi belakangan ini di saat banyak orang tiba-tiba memiliki hobi baru yaitu memasak di rumah dan mengunggahnya ke media sosial. Namun, bagaimana membuat foto makanan atau food photography yang cantik dan menggiurkan? Berikut triknya.

1. Eksperimen dengan properti dan pencahayaan

Yang harus Anda lakukan adalah jaga komposisi gambar Anda tetap terfokus dan bebas kekacauan. Anda bisa menggunakan piring, gelas, atau properti bergaya lainnya atau bahkan tangan Anda sendiri yang terawat dengan baik.


Misalnya saja, nampan atau papan kayu yang bergaya kuno. Wadah kayu ini berguna untuk memberikan gaya rumahan yang khas. Jika Anda ingin gaya yang lebih elegan atau mewah, peralatan dari perak atau keramik bisa membantu menciptakan nuansa mewah.

Sedangkan cahaya, Anda bisa memainkan lampu tambahan lengkap dengan filter warna sesuai yang diinginkan. Namun cara paling sederhana adalah dengan memotret makanan di bawah sinar matahari pagi yang lembut. ika terlalu terang, tirai muslin tipis atau lembaran perkamen di atas jendela dapat meredakan cahaya dan membuat kue Anda tampak indah.

"Pencahayaan alami selalu yang terbaik! Sudut dan latar belakang tergantung pada preferensi pembuat roti. Saya cenderung memilih presentasi yang lebih minimalis dan nada hangat. Dengan kue dan roti lainnya, saya lebih suka membuatnya tetap sederhana dan fokus pada mereka, "kata Levine Thio, pendiri toko roti rumahan berbasis vegan, Gratus dikutip dari Home and Decor.

2. Tambahkan hiasan lainnya

Anda juga bisa menambahkan berbagai topping dan hiasan lain, misalnya taburan oat, biji-bijian, atau herba lain seperti rosemary atau thyme.

Selain itu, irisan tomat, selada, juga bisa digunakan untuk meningkatkan keindahan masakan. Jika ingin memotret kue, maka tambahan ceri, stroberi, bunga fondant,keju leleh, atau bunga-bungaan yang bisa dimakan juga akan membuatnya indah.

Atau, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai peralatan memasak dan bahan baku utamanya. Buatlah sedikit terlihat berantakan namun alami. 

3. Bersenang-senang saat memotret

Jangan terlalu serius, Anda juga harus bersenang-senang. Anda dapat bereksperimen dengan berbagai sudut, dari bidikan close-up hingga overhead atau yang sejajar dengan mata, untuk menemukan posisi dan pencahayaan yang tepat. Dan cobalah aplikasi pengeditan foto untuk mengoreksi gambar.

(chs)

[Gambas:Video CNN]