Cara Bikin Hubungan Kembali Hangat di Tengah Pandemi

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 08/10/2020 12:20 WIB
Pandemi membuat banyak hubungan romantis menjadi tegang. Redam ketegangan dan hangatkan hubungan dengan menghadirkan suasana manis saat kencan pertama. Ilustrasi. Redam ketegangan dan kembai hangatkan hubungan di tengah pandemi dengan menghadirkan suasana manis kencan pertama Anda. (Istockphoto/anyaberkut)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bagi sebagian orang, pandemi yang telah berlangsung selama hitungan bulan ini mengacaukan banyak hal. Termasuk di antaranya hubungan romantis yang menjadi kaku atau bahkan penuh ketegangan.

Perubahan tersebut dirasa wajar. Stres dan kekhawatiran yang meningkat perlahan membuat kehangatan dalam hubungan romantis pun lenyap.

"Selama pandemi, banyak pasangan menjadi malas. Mereka diharuskan melakukan banyak hal [seperti tetap bekerja], tapi tak punya kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama. Pada akhirnya, setiap pasangan tak memiliki cukup waktu untuk membuat hubungan tetap hangat," ujar psikolog Kathryn Smerling.


Namun, perlu diingat, justru di saat pandemi seperti sekarang, mengulang kembali romansa dan kehangatan justru bisa memberikan pengaruh banyak terhadap hubungan. Mengenang dan kembali pada suasana kencan pertama bisa jadi salah satu cara yang Anda pilih bersama pasangan.

"Ini [kembali pada suasana kencan pertama] memberi pasangan kesempatan untuk kembali terikat dengan cara yang sudah lama tak dilakukan sambil pelan-pelan kembali membangun kehangatan hubungan," kata Smerling.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk kembali menghidupkan dan menghangatkan hubungan di tengah pandemi, mengutip The Independent.

1. Mengenang masa lalu

Duduk lah bersama pasangan dan buat daftar 10 detail yang paling Anda dan pasangan sukai saat kencan pertama.

"Cara tersebut dapat menyentuh orang lain [pasangan] dengan mengetahui apa yang seseorang selalu ingat dari mereka," ujar psikolog Melody Li. Dalam hal ini, Anda hanya perlu secara spesifik mengisahkan kembali bagaimana detail tersebut bisa sangat memengaruhi Anda.

2. Hidangan kencan pertama

Pada umumnya, kencan pertama akan melibatkan dua cangkir kopi hangat serta camilan-camilan ringan yang menemani obrolan di kedai kopi.

"Makanan adalah bank memori," ujar koki David Burke. Makanan menjadi titik fokus percakapan, saat Anda berbagi keintiman dengan pasangan untuk pertama kalinya.

Anda tak perlu kembali ke kedai kopi tempat kencan pertama berlangsung, tapi Anda hanya perlu membuat ulang hidangan yang disajikan saat kencan pertama. Bahkan, jika perlu, kenakan pula pakaian yang Anda gunakan saat kencan pertama.

3. Berbagi kesan pertama

Kencan pertama pasti meninggalkan kesan. Namun, umumnya kesan kencan pertama itu hanya akan Anda ceritakan pada seorang teman dekat.

Dalam rangka kembali 'menghidupkan' hubungan yang 'mati suri' akibat pandemi, coba lah sampaikan kesan-kesan Anda terhadap kencan pertama pada pasangan.

"Memberi tahu kesan pertama Anda terhadap kencan pertama adalah cara yang bagus untuk kembali menghidupkan ikatan romantis. Ini adalah kesempatan untuk menegaskan kembali bagaimana hubungan asli yang Anda jalani dan mengapa Anda dan pasangan bisa saling jatuh cinta," jelas Smerling.

4. Membuat playlist kencan pertama

Barangkali saja ada beberapa lagu yang Anda dengarkan bersama pasangan saat kencan pertama. Atau, mungkin saja ada satu lagu yang merangkum keseluruhan cerita hubungan Anda.

"Musik dapat membuat Anda dan pasangan semakin intim karena melepaskan endorfin," ujar produser musik Smiles Davis. Musik yang menyenangkan dapat meningkatkan semangat, terutama saat Anda bersama pasangan atau seseorang yang penting dalam hidup Anda. Musik, lanjutnya, menciptakan keintiman dan konektivitas.

(asr/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK