Tips Meditasi Sederhana 60 Detik Menenangkan Pikiran

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 03/10/2020 06:00 WIB
Meditasi di tengah kesibukan, kenapa tidak? Berikut 6 cara mengoptimalkan pernapasan dan gerakan untuk mengelola stres dan menenangkan pikiran dalam satu menit. Ilustrasi: Meditasi di tengah kesibukan, kenapa tidak? Berikut 6 cara mengoptimalkan pernapasan dan gerakan untuk mengelola stres dan menenangkan pikiran dalam satu menit. (Foto: Istockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketidakpastian dan pelbagai masalah yang tumpang tindih selama pandemi Covid-19 membuat sebagian orang merasa tertekan. Para ahli sejak lama menyarankan teknik meditasi untuk mengelola stres karena mudah diakses dan efektif.

Terdengar berat awalnya; Anda harus duduk sendiri, dalam keheningan semua pikiran, tak boleh ada yang mengganggu. Kedengarannya musykil melakukan meditasi di tengah tumpukan pekerjaan yang minta diselesaikan.

Padahal sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Research in Ayurveda menunjukkan manfaat kesehatan yang tak terhitung dari meditasi. Tapi tenang, sebetulnya Anda masih bisa menyempatkan meditasi dengan meluangkan 60 detik alias satu menit.


Berikut enam meditasi sederhana yang bisa Anda lakukan dalam 60 detik.

Meditasi pernapasan

Letakkan satu tangan di dada dan satu tangan di jantung. Tarik napas perlahan melalui hidung selama empat hitungan, lalu perlahan keluarkan selama empat hitungan.

Teknik ini paling baik dilakukan sebelum tidur atau tepat saat bangun tidur. Ini akan membantu Anda memulai hari dengan jernih, atau mengakhiri hari dengan damai.

Meditasi pernapasan lubang hidung

Dikutip dari laman Today, Anda dapat menggunakan ibu jari kanan Anda untuk menyumbat lubang hidung kanan, tarik napas melalui lubang hidung kiri. Kemudian colokkan telunjuk ke lubang hidung kiri dan embuskan napas melalui lubang hidung kanan.

Lalu, tarik napas melalui lubang hidung kanan dan keluarkan melalui lubang hidung kiri. Lakukan terus bergantian. Ini akan membantu Anda menyeimbangkan energi.

Infografis Gerakan Yoga 5 Menit Agar Tidur NyenyakFoto: CNNIndonesia/Basith Subastian
Infografis Gerakan Yoga 5 Menit Agar Tidur Nyenyak

Meditasi peregangan leher

Turunkan telinga kanan ke bahu kanan dan tarik napas perlahan, lalu embuskan perlahan melalui mulut. Fokuskan pikiran untuk menyingkirkan semua ketegangan.

Ulangi langkah tersebut sebanyak empat kali, lalu ganti sisi kiri. Meditasi ini dapat membantu menghilangkan ketegangan di kepala dan leher, serta membantu Anda menemukan jalan menuju ketenangan fisik juga mental.

Meditasi perut

Anda dapat melakukan meditasi perut sambil menunggu antrean atau, ketika duduk di meja. Bawa kesadaran Anda pada bagian tengah dengan menarik ke arah tulang belakang.

Hembuskan napas, tahan napas di bagian bawah, lalu perlahan-lahan lepaskan dan tarik napas kembali. Tahan napas di bagian atas, lalu perlahan buang napas sambil menariknya kembali hingga menimbulkan kontraksi pada perut. Ulangi beberapa kali.

Meditasi gerakan

Mulailah dengan posisi berdiri dengan kedua telapak tangan menyatu dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung. Letakkan satu tangan di pinggul, turunkan lengan lainnya dan buang napas saat Anda membungkuk ke samping.

Kembali ke tengah, lalu tarik napas dan buang napas ke sisi lain. Ulangi gerakan tersebut, bergantian-gantian sisi dan fokus pada napas Anda.

Meditasi pose pohon

Letakkan satu kaki memacak kuat ke tanah, putar bagian lutut ke bawah hingga pergelangan kaki secara berlawanan dengan tekanan kaki Anda. Tangkupkan kedua telapak tangan dan fokuskan untuk menarik serta membuang napas secara perlahan.

Jika Anda mengalami masalah keseimbangan, pilih satu titik di tanah dan arahkan pandangan Anda ke sana. Bernapaslah saat momen ini selama 60 detik. Kemudian ulangi dengan sisi yang berlawanan.

(NMA)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK