7 Cara Menyegarkan Diri di Tengah Jenuh Rutinitas WFH

Tim, CNN Indonesia | Senin, 28/09/2020 11:37 WIB
WFH nyaris sama lelahnya dengan bekerja di kantor, bahkan tak jarang bikin sebagian orang lebih cepat jenuh. Berikut tips menyegarkan diri di tengah WFH. Ilustrasi: WFH nyaris sama lelahnya dengan bekerja di kantor, bahkan tak jarang bikin sebagian orang lebih cepat jenuh. Berikut tips menyegarkan diri di tengah WFH. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pembatasan Sosial Berskala Besar alias PSBB diterapkan lagi di DKI Jakarta. Ini artinya, sebagian orang lagi-lagi harus kerja dari rumah atau Work From Home (WFH) demi mengerem laju penyebaran virus corona.

Setelah beberapa bulan melewati masa-masa pergi ke kantor seolah bak berangkat perang, kini harus kembali berdiam di rumah. Kembali 'terkungkung' di antara tembok selama nyaris 24 jam, kembali menatap layar komputer bahkan hingga jelang jam tidur, kembali bertemu orang yang sama lebih sering.

WFH bukan hanya dikenal warga Jakarta, konsep ini lazim diterapkan sebagian orang di tengah pandemi. Konsep bekerja dari rumah ini nyaris sama lelahnya dengan kerja dari kantor. Aktivitas yang begitu-begitu saja mau tak mau berpotensi membikin jenuh. Kalau sudah begini, saatnya menyegarkan rutinitas sebelum pekerjaan kacau gara-gara Anda keburu 'burnout'.


Berikut cara menyegarkan diri di tengah kebosanan rutinitas WFH.

1. Memulai pagi dengan aktivitas baru

Sebagian orang memulai hari nyaris 'autopilot'. Tanpa berpikir, tubuh seolah sudah punya kendali sendiri karena Anda melakukan rutinitas serupa setiap hari. Mulai dari bangun, stretching sebentar lalu mandi dan sarapan. Kenapa tidak menyisipkan aktivitas baru di sela rutinitas ini?

Jika Anda bangun cukup pagi, coba keluar rumah atau sekadar membuka jendela untuk merasakan udara dingin pagi. Hari berikutnya, Anda bisa menyisipkan aktivitas berjemur sembari stretching di halaman rumah. Aktivitas-aktivitas baru ini bakal membuat Anda lebih segar.

Rearview shot of an unrecognizable young woman stretching while sitting on her bed in the morningFoto: Istockphoto/PeopleImages
Siapkan aktivitas baru setiap memulai pagi, bisa dengan membuka jendela dan menghirup udara segar, atau menyelingi dengan menjemur pakaian.

2. Ganti secangkir kopi dengan teh

Perubahan kecil bisa membawa dampak besar. Setiap pagi kopi hitam selalu menemani. Kemudian secangkir lagi setelah jam makan siang. Tidak buruk memang, cuma lidah Anda hanya konsisten mengecap rasa yang sama. Tak ada salahnya mengganti kopi dengan teh atau minuman lain sehingga ada sesuatu hal yang Anda nantikan apalagi jika belum pernah dicoba sebelumnya.

Hari ini, coba ganti secangkir kopi dengan teh misalnya teh hijau. Keesokan harinya, jajal minuman yang belum pernah Anda coba misalnya peppermint tea yang memberikan sensasi dingin 'semriwing' di lidah.

3. Cari cahaya alami

Lelah dengan 'home office'? Anda bisa mencari 'rumah baru' alias suasana baru. Jika biasanya Anda bekerja di meja kerja, kenapa tidak bekerja dari sofa ruang tengah?

Cara lainnya, mengutip dari The Skimm, Anda bisa bekerja dengan paparan cahaya alami. Sebaiknya cari sudut di mana banyak cahaya alami masuk. Cahaya alami akan mencegah mata lelah akibat cahaya biru dari layar monitor. Selain itu cahaya alami akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

4. Cara baru menulis daftar tugas

Demi fokus pada pekerjaan, orang membuat daftar tugas dan tanggung jawab beserta deadline-nya. Ini bagus tetapi bisa jadi membosankan. Sedikit perubahan bakal membuatnya lebih memicu semangat.

Melansir dari The Skimm, coba buat daftar dengan cara 'D-List'. Anda membagi aktivitas jadi tiga bagian besar yakni, Doing, Dealing dan Dreaming.

Doing berarti tugas-tugas yang harus selesai dalam minggu ini. Dealing berisi aktivitas personal, pekerjaan rumah tangga, atau tugas lain yang harus selesai. Kemudian pada bagian Dreaming, Anda menuliskan hal-hal yang inspiratif dan memicu Anda untuk menggali lebih dalam. Tidak harus daftar ide-ide tapi juga bisa artikel yang menarik perhatian Anda dan ingin dibaca lebih lanjut.

Ilustrasi menulisFoto: Picjumbo/Viktor Hanacek
Coba untuk merombak cara Anda menulis daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, beri kreasi atau selingan-selingan.

5. Ngobrol

Yah, harus diakui WFH nyaris menihilkan keasyikan mengobrol dengan rekan kerja. Biasanya di sela deadline, Anda masih sempat bergurau dengan rekan di seberang meja. Sekarang Anda cuma bisa bergurau dengan tembok atau memutar musik agar kembali bersemangat.

Sebagai alternatif, sapa saja rekan Anda lewat teks atau telepon. Anda juga bisa menyelingi rutinitas WFH dengan sejenak menghampiri anggota keluarga atau orang di rumah.

Mengobrol sebentar bisa membuat Anda lebih bersemangat. Ini pun bisa menularkan energi positif pada orang di sekitar Anda.

6. Menyiapkan makan siang yang lezat

Tak ada yang lebih membuat semangat selain makanan lezat menanti setelah bekerja. Jadi, kenapa Anda tidak menyiapkan makan siang yang begitu dinanti?

Jika memungkinkan, coba memasak menu makanan favorit. Anda bisa menyiapkan makan siang di hari sebelumnya atau saat pagi sembari menyiapkan sarapan. Biasanya nasi dan telur mata sapi, sesekali buat lebih istimewa dengan omelet plus kornet dan potongan sayur. Kadang tak perlu memasak karena ada layanan pesan-antar yang praktis dan bebas memilih menu.

7. Jalan sebentar

Tanpa Anda sadari, WFH membuat Anda nyaris tidak meninggalkan layar laptop. Tidak ada jalan kaki ke ruang rapat, ke kantin untuk makan siang atau, sekadar beli kopi di dekat kantor. Ketika WFH, hidup seakan seputar layar laptop--bahkan rebahan pun di dekat laptop.

Coba berjalan sebentar saat jam makan siang.

Tidak harus jauh-jauh, mungkin hanya sekitar rumah, bermain bersama binatang peliharaan, atau di sekitar kompleks rumah. Berjalan dan menatap lingkungan sekitar akan membuat mata lebih segar juga menikmati dan mengapresiasi hal-hal kecil di sekitar.

(els/NMA)

[Gambas:Video CNN]