Musim Pancaroba Bikin Infeksi Jadi Lebih Mudah

CNN Indonesia | Rabu, 30/09/2020 21:16 WIB
Tingkat kelembapan yang rendah pada musim peralihan memudahkan virus untuk berpindah tempat dan menginfeksi tubuh manusia. Ilustrasi. Tingkat kelembapan yang rendah pada musim peralihan memudahkan virus untuk berpindah tempat dan menginfeksi tubuh manusia. (IStockphoto/ AaronAmat)
Jakarta, CNN Indonesia --

Musim pancaroba di depan mata. Para dokter mengingatkan peningkatan risiko infeksi virus yang lebih tinggi di masa peralihan ini.

"Saat suhu dingin, udara cenderung memiliki kelembapan rendah atau bersifat kering. Kondisi ini memudahkan virus untuk berpindah tempat," ujar dokter di RSPI, I Made Saputra, melansir Antara.

Kondisi tersebut diperparah dengan sistem kekebalan tubuh yang melemah saat udara cenderung dingin. "Akibatnya, virus lebih mudah menginfeksi tubuh," tambah Made.


Agar tak rentan terkena infeksi, Made menyarankan agar lebih banyak mengonsumsi makanan bergizi tinggi.

Ada beberapa yang bisa Anda lakukan seperti memperbanyak konsumsi buah dan sayur, memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari, serta menerapkan kebiasaan hidup bersih dan sehat seperti rajin mencuci tangan.

Dalam kesempatan berbeda, dokter Mesty Ariotedjo mengatakan bahwa pilihan asupan makanan bisa jadi salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

"Anda bisa memenuhi asupan vitamin C melalui makanan seperti buah jambu air, tomat, jeruk, lalu zinc dari susu, daging, salmon, keju serta zat besi misalnya dari daging merah, telur dan susu," kata dia.

Tak lupa Mesty mengingatkan untuk senantiasa menetapkan protokol kesehatan yang berlaku di masa pandemi Covid-19 ini.

Selain itu, Mesty juga menyarankan untuk getol melakukan aktivitas fisik sekitar 30 menit per hari lima kali dalam sepekan, mendapatkan tidur yang cukup, dan mengelola stres.

(Antara/asr)

[Gambas:Video CNN]