Lama Tak Acuh, Kini Mesir Beri Perhatian ke Taman Nasional

CNN Indonesia | Selasa, 29/09/2020 16:50 WIB
Mesir sebelumnya enggan memberikan perhatian pada cagar alam, namun kini negara itu merasa ekowisata bisa menjadi mendulang kedatangan turis. Cagar alam Ras Mohammed di Mesir. (istockphoto/Iryna Chubarova)
Jakarta, CNN Indonesia --

Cagar alam Ras Mohammed di Sinai Selatan menawarkan air jernih kebiruan, populasi ikan yang beragam, dan gugusan terumbu karang.

Cagar alam ini terletak di tepi paling selatan Semenanjung Sinai di Mesir dan menghadap ke Teluk Suez di barat dan Teluk Aqaba di timur.

Mesir berharap cagar alam Ras Mohammed dan selusin cagar alam lainnya mampu menarik pengunjung dan penggemar ekowisata.


Dengan latar belakang ombak yang menerjang di tepi pantai cagar alam Ras Mohammed, Kementerian Lingkungan Hidup Mesir meluncurkan kampanye ekowisata dari cagar alam Ras Mohammed.

Selama tiga tahun ke depan, negara di Afrika Utara itu akan mempromosikan 13 cagar alam dengan harapan keindahan pemandangannya akan menjadi magnet turis.

"Hari ini kami melihat pelestarian sumber daya alam di cagar yang berisi 220 spesies terumbu karang, 1.000 spesies ikan yang berbeda," kata Menteri Lingkungan Hidup Yasmin Fouad, saat meluncurkan kampanye pada Minggu (27/9), seperti yang dikutip dari Associated Press.

Selain mengenal alam, kampanye ini bertujuan untuk mengenalkan pengunjung pada budaya lokal di kawasan lindung.

"Hari ini kami melihat bahwa komunitas lokal telah menjadi bagian dari cagar alam," kata Fouad.

Mesir sebelumnya enggan memberikan perhatian pada cagar alam, tetapi pendekatan itu sudah ketinggalan zaman, kata sang menteri.

Ekonomi Mesir sangat bergantung pada pariwisata, yang menyumbang sekitar 12 persen dari produk domestik.

Pemerintah berharap dapat menarik wisatawan ke tempat-tempat populer namun terpencil yang terhindar dari kerusakan akibat virus corona.

Itu termasuk bagian selatan Semenanjung Sinai, rumah bagi resor utama dan tujuan pantai Sharm el Sheikh, dan kawasan resor Laut Merah di Hurghada dan Marsa Alam.

(AP/ard)

[Gambas:Video CNN]