8 Kandungan Vitamin B Kompleks dan Manfaatnya untuk Kulit

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 30/09/2020 06:00 WIB
Vitamin B kompleks terdiri atas 8 vitamin B yang bermanfaat menjaga daya tahan tubuh dan mengatasi sejumlah masalah kulit. Ilustrasi: Vitamin B kompleks terdiri atas delapan vitamin B yang bermanfaat menjaga daya tahan tubuh dan mengatasi sejumlah masalah kulit. (Foto: Pixabay/stevepb)
Jakarta, CNN Indonesia --

Vitamin B kompleks merupakan vitamin yang terdiri atas delapan jenis vitamin B. Vitamin ini bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan mengatasi sejumlah masalah kulit.

Manfaat vitamin B bisa didapatkan dari sejumlah makanan yang kaya akan kandungan vitamin B seperti daging--terutama bagian hati, makanan laut, unggas, telur, produk susu, sayuran berdaun hijau, dan biji-bijian.

Untuk mengatasi masalah kulit, kandungan vitamin B yang umumnya terdapat dalam produk perawatan kulit atau skincare bisa diaplikasikan langsung ke kulit.


Berikut 8 jenis vitamin B dan manfaatnya untuk kulit.

1. Vitamin B1 (Thiamin)

Vitamin B1 dikenal juga dengan thiamin. Vitamin B1 memiliki sifat antioksidan yang kuat yang dapat meningkatkan sirkulasi darah.

Sirkulasi darah yang baik, bermanfaat bagi kulit karena dapat mengirimkan oksigen dan nutrisi hingga kulit yang merupakan bagian terluar tubuh. Nutrisi yang cukup akan membuat sel kulit sehat dan terus beregenerasi.

2. Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin B2 atau riboflavin mencegah peradangan pada kulit yang berjerawat. Studi menunjukkan kekurangan riboflavin dapat membuat jerawat meradang.

B2 juga punya peran penting mensekresi mukus pada jaringan kulit sehingga membuat kulit tetap lembut serta mencegah eksim dan dermatitis.

Infografis mengenai penyakit kulit psiorasis

3. Vitamin B3 (Niacinamide)

B3 alias niacin atau niacinamide kini merupakan bahan skincare yang sedang populer. Niacinamide berfungsi memperbaiki lapisan epidermis sehingga dapat menahan air dan menjaga kelembapan kulit. B3 juga mampu mencegah flek hitam.

"Selain itu, dapat meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit semakin kenyal serta memudarkan noda hitam di wajah," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Ruri Pamela, dalam keterangan pers yang diterima CNNIndonesia.com dari Swissvita, Senin (28/9).

4. Vitamin B5 (Pantothenic acid)

Vitamin B5 atau asam pantothenat ampuh mengurangi sebum dan jerawat. Asam ini juga mampu melembapkan kulit sehingga menjaga kadar air dalam kulit.

5. Vitamin B6 (Pyridoxine)

Vitamin B6 atau pyridoxine membantu membentuk asam amino yang penting dalam memelihara kesehatan kulit. Vitamin B6 ini juga dapat menjaga kesehatan saraf dan penting untuk sel darah merah.

6. Vitamin B7 (Biotin)

Vitamin B7 atau yang dikenal dengan biotin berperan penting dalam pertumbuhan rambut dan kuku. Biotin juga membantu melepaskan energi dari karbohidrat.

7. Vitamin B9 (Folic Acid)

Vitamin B9 dikenal dengan nama asam folat yang merupakan antioksidan yang kuat untuk melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada kulit dan juga penuaan dini.

Asam folat juga baik untuk pembentukan hemoglobin, mengobati anemia, dan membantu perkembangan janin yang optimal.

8. Vitamin B12 (Cobalamin)

Young beautiful woman touching skin in bathroom. Unhappy girl standing in towel, looking in the mirror, checking dry irritated skin. Morning skincare routine.Foto: Istockphoto/Sasha_Suzi
Dokter menyarankan untuk tak menggunakan skincare dengan kandungan B kompleks, bersamaan dengan yang berkandungan AHA, BHA, retinol atau, vitamin C.

Vitamin B12 atau cobalamin berfungsi mencegah peradangan pada kulit. Ia juga menghambat pembentukan radikal bebas. Vitamin ini juga berperan penting membentuk sel darah merah dan menjaga sistem saraf.

Kandungan vitamin B kompleks pada skincare dapat diaplikasikan sesuai dengan petunjuk penggunaan. Selain itu, dokter Ruri menyarankan untuk tidak menggunakan skincare dengan kandungan vitamin B kompleks bersamaan dengan kandungan AHA, BHA, retinol atau vitamin C.

Penggunaan kandungan tersebut secara bersamaan dapat menimbulkan reaksi yang mengakibatkan iritasi pada kulit dan mengurangi efektivitas vitamin B.

"Sebaiknya gunakan skincare yang mengandung vitamin B kompleks pada pagi hari, sedangkan kandungan AHA, BHA, retinol, dan vitamin C di malam hari," saran Ruri yang juga merupakan dermatolog di Swissvita Indonesia.

(ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]