Makanan dan Minuman Fermentasi Terbaik untuk Kesehatan

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 02/10/2020 05:55 WIB
Sejumlah makanan dan minuman fermentasi direkomendasikan untuk meningkatkan imunitas serta menjaga kesehatan pencernaan. Beberapa di antaranya tempe dan miso. Ilustrasi: Sejumlah makanan dan minuman fermentasi direkomendasikan untuk meningkatkan imunitas serta menjaga kesehatan pencernaan. Beberapa di antaranya tempe, yogurt dan miso. (Foto: FotoosVanRobin/Wikipedia)
Jakarta, CNN Indonesia --

Makanan fermentasi baik untuk meningkatkan imunitas tubuh dan juga menjaga kesehatan organ di sistem pencernaan. Konsumsi rutin makanan fermentasi terbukti dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Makanan fermentasi adalah makanan yang dibuat melalui proses pendiaman yang melibatkan bakteri dan ragi untuk memecah gula dalam makanan tersebut.

Proses fermentasi meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik. Studi menunjukkan, probiotik merupakan kunci pencernaan yang sehat, kekebalan tubuh yang kuat, dan penurunan berat badan yang signifikan.


Berikut lima makanan fermentasi terbaik untuk imunitas dan pencernaan.

1. Tempe

Makanan asli Indonesia ini terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi. Tempe kaya akan probiotik, protein, dan sejumlah nutrisi penting lainnya yang menunjang kesehatan tubuh.

Studi menunjukkan, konsumsi tempe secara teratur dapat menurunkan kolesterol total. Kandungan antioksidan dalam tempe juga membantu melawan radikal bebas sehingga dapat mencegah berbagai penyakit kronis.

2. Kombucha

Kombucha adalah salah satu teh yang kini tengah populer. Kombucha terbuat dari teh hijau atau hitam yang difermentasi. Rutin minum kombucha dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Penelitian mendapati, minum kombucha dapat membantu mencegah keracunan hati dan kerusakan organ karena paparan kimia berbahaya.

3. Miso

Miso soupFoto: iStockphoto/ma-no
Miso soup

Miso merupakan bumbu fermentasi asal Jepang. Miso terbuat dari fermentasi kedelai, garam, dan jamur koji. Miso dapat membantu meningkatkan kesehatan organ-organ yang bekerja di sistem pencernaan.

Studi di Jepang menunjukkan konsumsi miso dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, stroke, dan jantung pada wanita. Konsumsi miso juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

4. Kimchi

Kimchi adalah makanan fermentasi populer dari Korea Selatan. Kimchi terbuat dari sayuran, umumnya sawi dan lobak yang difermentasi.

Dikutip dari Health Line, studi menunjukkan kimchi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Kimchi juga efektif menurunkan kolesterol, resistansi insulin, tekanan darah, dan berat badan.

5. Yogurt

Yogurt adalah susu fermentasi yang mengandung banyak bakteri baik untuk pencernaan dan imunitas tubuh. Kandungan susu juga kaya akan nutrisi penting seperti kalsium, kalium, dan fosfor.

Penelitian menunjukkan yogurt dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi fisik pada orang dewasa.

Konsumsilah secara rutin makanan fermentasi yang baik untuk imunitas dan pencernaan tubuh ini. Kombinasikan dengan makanan yang tinggi nutrisi lainnya.

(ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]