Nasib Genjer: Antara Gulma, PKI, dan Kuliner

tim, CNN Indonesia | Rabu, 30/09/2020 15:59 WIB
Lagu Genjer-genjer identik dengan PKI. Namun pada kenyataannya, genjer adalah sejenis gulma yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan. Tanaman genjer (BotBln via wikimedia commons (CC-BY-SA-3.0-migrated)
Jakarta, CNN Indonesia --

'Genjer-genjer nong kedokan pating keleler,
Genjer-genjer nong kedokan pating keleler'

Tanggal 30 September mengingatkan orang akan peristiwa G30S/PKI sekaligus lagu Genjer-genjer. Tidak tahu dari mana awalnya, sejak peristiwa itu genjer jadi sangat 'kiri'. Namun lagu ini konon jadi pengiring tarian mesum Gerwani.

Padahal lagu ini sudah ada sejak 1953. Seniman angklung M. Arif menggubah lagu yang awalnya berjudul 'Tong Alak Gentak', lagu rakyat di Banyuwangi, Jawa Timur. Lirik lagu diubah dengan kata 'genjer'. Justru lagu ini sarat akan sindiran pada masa pendudukan Jepang. Padahal, sejatinya, di dunia kuliner, genjer adalah tumbuhan yang bisa dimakan. 


Genjer atau Limnocharis flava merupakan gulma (tumbuhan pengganggu) yang banyak ditemukan di rawa atau sawah. Meski kerap ditemukan bersama dengan eceng gondok, keduanya punya karakteristik berbeda. Eceng gondok tumbuh mengapung di permukaan air. Sedangkan genjer agak terbenam dalam lumpur dan daun tumbuh tegak atau miring.

Seperti gulma lainnya, jika tidak dikendalikan bisa mengganggu ekosistem di sekitarnya.

Masa pendudukan Jepang, rakyat hidup menderita. Sampai-sampai gulma yang sejatinya jadi pakan itik menjadi sumber bahan pangan rakyat saat itu.

Kemudian selepas kemerdekaan Indonesia, 'Genjer-genjer' kian populer setelah diputarkan di radio. Penyanyi Lilis Suryani dan Bing Slamet jadi nama-nama yang mempopulerkan 'Genjer-genjer'.

Si gulma rawa ini pun jadi 'kiri' setelah PKI memanfaatkannya sebagai lagu propaganda saat melancarkan kampanyenya di masa Demokrasi Terpimpin (1959-1966). Sejak saat itu, 'Genjer-genjer' diasosiasikan sebagai lagu PKI.

Usai peristiwa G30S/PKI, rezim Orde Baru melarang menyebarluaskan dan mengumandangkan lagu ini. Lagu digambarkan begitu mengerikan dan dijadikan lagu pengiring penyiksaan para jenderal. Ini terlihat dalam film 'Pengkhianatan G30S/PKI'.

Terlepas dari citranya yang sangat PKI, sebenarnya genjer bisa diolah menjadi masakan lezat. Olahan tumis tampak pas dengan bentuk dan tekstur genjer yang mirip sawi.

Namun Anda musti pandai-pandai mengolah agar rasanya tidak pahit. Mengutip dari berbagai sumber, sebaiknya genjer terlebih dahulu direndam dengan air garam lalu diremas perlahan agar getah pada batang genjer keluar. Tumis genjer dengan bumbu-bumbu tumisan seperti biasa dan jangan sampai terlalu lama karena daun genjer bisa menghitam dan teksturnya tidak lagi empuk.

(els/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK