5 Kesalahan Membuat Jus yang Perlu Dihindari

Tim, CNN Indonesia | Minggu, 11/10/2020 13:04 WIB
Kesalahan saat membuat jus dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Ilustrasi. Kesalahan saat membuat jus dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. (iStockphoto/iprogressman)
Jakarta, CNN Indonesia --

Jus merupakan olahan buah dan sayur yang kaya akan nutrisi. Namun, kesalahan saat membuat jus dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Olah dan proses jus buah dan sayur dengan benar agar tubuh bisa mendapatkan nutrisi optimal, baik berupa vitamin dan mineral, terutama kandungan antioksidannya. Vitamin dan mineral dalam buah dan sayur baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, mencegah penyakit, dan melawan radikal bebas.

Berikut lima kesalahan dalam membuat jus yang harus dihindari.


1. Menambahkan pemanis

Kesalahan paling umum dalam membuat jus adalah menambahkan pemanis seperti gula. Mencampurkan jus dengan gula dapat membuat nutrisi yang terkandung di dalam buah dan sayur hilang. Selain itu, konsumsi gula yang berlebihan justru tak baik untuk tubuh.

"Jus tidak boleh ditambahkan apa-apa. Harus murni agar manfaatnya lengkap," kata CEO Re.juve Richard Anthony dalam webinar, Senin (5/10). Re.juve merupakan salah satu produsen jus buah dan sayur di Indonesia.

2. Membiarkan jus di ruang terbuka

Membiarkan jus di ruang terbuka juga merupakan kesalahan yang kerap dilakukan. Membiarkan jus di ruang terbuka akan menciptakan proses oksidasi atau pencampuran dengan oksigen. Proses ini dapat menghilangkan banyak vitamin dan mineral di dalam jus buah dan sayur.

Oleh karena itu, segera konsumsi jus yang sudah dibuat atau tutup dengan rapat dan dinginkan di dalam lemari pendingin.

3. Menggunakan bahan yang tidak segar

Saat membuat jus, pastikan untuk selalu menggunakan bahan yang segar. Buah dan sayur yang tidak segar atau sudah mulai membusuk sebaiknya tidak dikonsumsi lagi. Selain rasa yang sudah mulai tidak enak, kandungan nutrisi buah dan sayur yang tidak segar juga sudah berkurang.

4. Tidak higienis

Sering kali pembuatan jus buah dan sayur luput memperhatikan kebersihan bahan dan peralatan yang digunakan. Selalu bersihkan buah dan sayur dengan air mengalir sebelum diolah menjadi jus.

"Bagaimanapun juga jus merupakan produk mentah sehingga harus diproses dengan higienis, jangan sampai nanti menimbulkan gangguan seperti diare," kata Richard.

5. Memanaskan jus

Jus juga tak boleh dipanaskan. Memanaskan jus dapat menghilangkan vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya. Proses pemanasan membuat kandungan alami dalam buah dan sayur rusak dan hilang.

Olah jus buah dan sayur dengan benar agar kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya tidak hilang.

(ptj/asr)

[Gambas:Video CNN]


BACA JUGA