Cara Mencegah Jerawat di Garis Rambut

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/10/2020 11:18 WIB
Jerawat bisa timbul di mana saja, termasuk di garis rambut. Berikut cara mencegahnya. Ilustrasi. Jerawat bisa timbul di mana saja, termasuk di garis rambut. (iStockphoto/AndreyPopov)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ukurannya memang kecil, tapi kehadiran jerawat tetap menyebalkan. Jerawat juga bisa timbul di mana saja, termasuk di garis rambut.

Tak semua benjolan pada garis rambut merupakan jerawat. Jerawat pada garis rambut akan mengeluarkan beberapa ciri seperti berukuran kecil, berwarna kemerahan dengan bintik putih di bagian tengah, hilang dalam beberapa hari, terasa sakit saat disentuh, dan hanya berada di satu area.

Umumnya, jerawat yang timbul di garis rambut disebabkan oleh penggunaan make up dan produk perawatan rambut. Produk-produk ini menutupi pori-pori pada kulit rambut hingga memicu pertumbuhan jerawat.


Selain itu, jerawat juga akan semakin merajalela berkat stres, polusi udara, sering menyentuh area wajah dan rambut, penggunaan helm, topi, aksesori rambut serta penutup kepala lain.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah jerawat timbul di garis rambut. Berikut melansir Greatist.

1. Hindari riasan penuh (full make up), apalagi untuk masa pandemi seperti ini. Jika tetap ingin mengenakan make up, pilih formula bebas minyak dan pastikan kuas dalam kondisi bersih.

2. Sebaiknya gunakan produk perawatan wajah (skincare) yang lembut, bebas minyak, dan didesain sesuai kebutuhan kulit.

3. Gunakan sisir, sikat rambut, dan aksesori rambut yang bersih. Sebaiknya hindari mencuci rambut dengan menggunakan bahan yang keras.

4. Penuhi kebutuhan asupan cairan, konsumsi pangan bergizi, cukup istirahat, dan kelola stres.

Jika jerawat terlanjur timbul, Anda cukup mengandalkan produk perawatan wajah khusus untuk kulit berjerawat. Umumnya, produk yang mengandung tea tree atau salicylic acid mampu meredakan infeksi bakteri penyebab jerawat.

(els/asr)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK