20 Negara dengan Penduduk Paling Bahagia di Dunia

CNN Indonesia | Rabu, 07/10/2020 11:50 WIB
Demokrasi yang berjalan dengan baik, serta fasilitas sekolah dan rumah sakit yang mumpuni, menjadi faktor kebahagiaan penduduk di suatu negara. Kota Helsinki di Finlandia. (Istockphoto/ Subodh Agnihotri)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polemik Undang-Undang Omnibus Law Cipta Kerja yang sedang berlangsung di Indonesia menuai beragam komentar di media sosial. Tak sedikit netizen yang ingin pindah kota, negara, sampai pindah planet karena merasa muak dengan minimnya usaha pemerintah membela rakyat kecil.

Pindah negara bukanlah urusan mudah. Ada banyak dokumen yang harus diurus. Belum lagi calon warga negara baru harus mempelajari bahasa, menyiapkan dana hidup, serta memastikan dirinya bukan pengangguran setelah hijrah.

Bagi yang sudah siap keluar zona nyaman dan melanjutkan studi atau karier di negara baru, sebaiknya mencari informasi sebanyak mungkin mengenai kenyamanan negara yang dituju, terutama dalam hal biaya dan sosial.


Walau pemandangannya indah, rasanya malas jika harus menjalani kehidupan di negara yang serba mahal atau tingkat kriminalnya tinggi - terutama soal kejahatan SARA.

World Happiness Report (Laporan Kebahagiaan Dunia) bisa menjadi acuan mencari negara untuk hidup. Daftar yang berisi urutan negara dengan penduduk paling bahagia di dunia ini terus diperbaharui setiap tahunnya.

Sejak dirilis tahun 2012, ada beberapa negara yang langganan berada di peringkat pertama, yakni; Denmark (2012, 2013, dan 2016), Swiss (2015), Norwegia (2017), dan Finlandia (2018, 2019, dan 2020).

Negara-negara yang langganan berada di sepuluh besar adalah Swiss, Islandia, Norwegia, Belanda, Swedia, Selandia Baru, dan Austria, Tahun ini, Luksemburg masuk daftar tersebut.

"World Happiness Report telah terbukti menjadi alat yang sangat diperlukan bagi pembuat kebijakan yang ingin lebih memahami apa yang membuat orang bahagia dan dengan demikian mempromosikan kesejahteraan penduduk mereka," kata Jeffrey Sachs, seperti yang dikutip dari situs resmi World Happiness Report pada 20 Maret 2020.

"Alasan penduduk merasa bahagia tinggal di negaranya mengacu pada jaringan layanan sosial yang baik, kepercayaan sosial, pemerintahan yang jujur, lingkungan yang aman, dan kehidupan yang sehat," lanjutnya.

[Gambas:Instagram]



World Happiness Report tahun ini memeringkat 156 negara. Sejumlah faktor sosial yang diukur untuk menentukan kebahagiaan penduduk di suatu negara ialah; rasa kebebasan, tenggang rasa, dan kepercayaan.

Isu ketidaksetaraan dan kelestarian lingkungan juga ikut dihitung, dengan negara yang penduduknya bahagia hampir tidak memiliki masalah soal keadilan dan polusi.

[Gambas:Instagram]



Dalam daftar tahun ini empat negara Nordik masuk dalam peringkat lima besar, yakni Finlandia, Denmark, Islandia, dan Norwegia.

Apa sebenarnya yang membuat penduduk negara Nordik sangat puas dengan kehidupan mereka? Melalui tinjauan studi, teori, dan data World Happiness Report, jawabannya karena negara-negara tersebut memiliki fasilitas dan layanan kesejahteraan yang dapat diandalkan (seperti sekolah dan rumah sakit), tingkat korupsi yang rendah, dan pemerintahan yang berfungsi dengan baik.

Selain itu, penduduk negara Nordik memiliki rasa otonomi dan kebebasan yang tinggi, serta tingkat kepercayaan sosial yang tinggi terhadap satu sama lain, yang berperan penting dalam menentukan kepuasan hidup. 

Berikut daftar lengkap 20 negara yang masuk dalam daftar World Happiness Report 2020:

  1. Finlandia
  2. Denmark
  3. Swiss
  4. Islandia
  5. Norwegia
  6. Belanda
  7. Swedia
  8. Selandia Baru
  9. Luksemburg
  10. Austria
  11. Kanada
  12. Australia
  13. Inggris
  14. Israel
  15. Kosta Rika
  16. Irlandia
  17. Jerman
  18. Amerika Serikat
  19. Republik Ceko
  20. Belgia

[Gambas:Instagram]



(ard)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK