7 Cara Sehat dalam 60 Detik

tim, CNN Indonesia | Jumat, 09/10/2020 05:40 WIB
Upaya untuk hidup lebih sehat kadang tidak memerlukan banyak waktu. Dalam waktu kurang 60 detik, Anda bisa melakukan sesuatu yang jelas menyehatkan Upaya untuk hidup lebih sehat kadang tidak memerlukan banyak waktu. Dalam waktu kurang 60 detik, Anda bisa melakukan sesuatu yang jelas menyehatkan(offthelefteye/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia --

Apa saja yang Anda tempuh demi hidup lebih sehat? Ada yang meluangkan waktu 10-30 menit untuk berolahraga. Menyiapkan bekal ke kantor untuk asupan sehat kadang harus membuat orang bangun 1 jam lebih awal. Sekitar 30 menit juga disisihkan untuk tidur siang agar badan kembali berenergi. Pun masih banyak upaya-upaya lain yang tak kalah memakan waktu.

Akan tetapi, sesungguhnya upaya untuk hidup lebih sehat kadang tidak memerlukan banyak waktu. Dalam waktu kurang dari semenit alias 60 detik, Anda bisa melakukan sesuatu yang jelas menyehatkan. Apa saja?

1. Rajin menggunakan benang gigi

Dental floss atau benang gigi akrab di kalangan pengguna kawat gigi. Padahal benang gigi bisa digunakan siapapun karena menawarkan kebersihan gigi hingga ke celah-celah sempit.


Kondisi pandemi membuat orang was-was ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi (scaling). Benang gigi bisa Anda jadikan pertolongan pertama membersihkan kotoran yang bisa menumpuk jadi karang gigi.

"Dengan latihan, Anda bisa menggunakan benang gigi kurang dari semenit. Sisi gigi itu di mana makanan dan bakteri terkumpul dan mengakibatkan masalah," kata Sargon Lazarof, dokter gigi di Los Angeles mengutip dari Prevention.

2. Berkumur

Berkumur dengan obat kumur bisa memaksimalkan kesehatan gigi dan mulut. Terlebih di masa seperti sekarang, Anda disarankan untuk berkumur atau gargle dengan obat kumur yang memiliki kandungan Povidone iodine. Menurut studi, zat ini ampuh membunuh virus.

"Anda bisa berkumur kapanpun tapi yang paling baik lakukan sebelum tidur. Saat Anda tidur, mulut cenderung lebih kering yang mana membuat bakteri bisa lebih merusak sehingga obat kumur bisa membantu mengurangi kerusakan," kata Lazarof.

3. Air putih di pagi hari

"Minum segelas besar air putih saat Anda bangun sebelum minum kopi," kata Will Bulsiewicz, ahli gastroenterologi.

Tubuh tidak memperoleh asupan cairan sepanjang malam saat tidur. Air putih setelah bangun tidur akan membantu mengoptimalkan fungsi organ. Bulsiewicz memberikan istilah air putih akan membuat organ 'turn on' alias menyala. Air putih pun akan membuat Anda lebih fokus dan lebih cepat terjaga.

4. Bagi porsi makan

Jam makan siang seperti puncaknya rasa lapar seharian. Sebelum buru-buru menyantap menu favorit Anda, sisihkan waktu kurang dari semenit untuk membagi porsi makan. Kalau menyantap nasi, bagi nasi jadi dua bagian, begitu pula dengan lauknya.

"Anda akan diingatkan untuk berhenti sejenak dan memperlambat laju bersantap untuk menilai kembali tingkat rasa lapar dan kenyang Anda dan berhenti sebelum Anda terlalu kenyang. Ini sangat membantu," ujar Michelle May, ahli gizi sekaligus penulis 'Eat What You Love, Love What You Eat.

5. Seduh teh

Selain kopi, jadikan teh sebagai alternatif minuman sehari-hari. Tidak sampai semenit direndam, Anda bisa menikmati secangkir teh sekaligus manfaatnya. Berdasar studi yang dipublikasikan di European Journal of Preventive Cardiology, minum teh setidaknya tiga kali seminggu berhubungan dengan penurunan 25 persen risiko penyakit jantung dan stroke.

6. Cuci dan keringkan tangan

Setiap hari Anda diingatkan untuk mencuci tangan. Setidaknya perlu 20 detik untuk mencuci tangan dan tiap sela jari. Tidak cukup sampai di situ, Anda pun perlu mengeringkan tangan secara seksama. Jeffrey D. Klausner, profesor kesehatan masyarakat dan farmasi di UCLA David Geffen School of Medicine, mengatakan setidaknya perlu 20 detik lagi untuk mengeringkan tangan. Tangan perlu dijaga tetap kering karena kondisi lembap atau basah membuatnya rentan terkena bakteri.

ilustrasi olahragaFoto: Istockphoto/ Drazen Zigic
ilustrasi olahraga

7. Ambil napas dalam-dalam

Stres, pikiran ruwet juga rasa cemas akan hari depan bisa merusak fokus Anda dalam menjalani hari ini. Glenn R.Fox, kepala desain, strategi dan capaian di USC Performance Science Institute, Los Angeles, mengatakan Anda cukup ambil napas dalam sembari fokus pada aliran udara yang masuk dan keluar.

"Ambil dua atau tiga kali napas dalam dan sementara fokus pada napas, pikirkan tiga hal yang baik untuk Anda atau hal-hal yang Anda nantikan dalam waktu dekat. Lalu coba tuliskan," kata Fox.

(els/chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK