Kencan Online, Cara Cari Pacar Baru di Masa Pandemi Covid-19

tim, CNN Indonesia | Senin, 12/10/2020 14:08 WIB
Studi terbaru menunjukkan kencan virtual meningkat selama masa pandemi virus corona. Studi terbaru menunjukkan kencan virtual meningkat selama masa pandemi virus corona.(Istockphoto/Feverpitched)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kencan online hadir sebagai cara baru untuk mencari pacar di masa pandemi Covid-19. Studi terbaru menunjukkan kencan virtual meningkat selama masa pandemi virus corona.

Kencan online adalah metode penjajakan dengan seseorang yang dilakukan secara virtual. Jika kencan di dunia nyata biasanya dilakukan dengan bertemu, jalan bersama, makan bersama atau menonton di bioskop, kencan virtual dilakukan online dengan video call.

Survei terbaru dari Virgin Media terhadap 1.000 orang di Inggris mendapati kenaikan kencan online hingga 36 persen selama pandemi Covid-19. Sebanyak enam dari 10 orang atau 60 persen mengaku menikmati kencan new normal ini.


Satu dari empat orang juga menyatakan akan terus mengikuti kencan virtual untuk mencari kekasih setelah pandemi berakhir.

Studi ini juga mendapati bahwa rata-rata seseorang dapat mengetahui kecocokan dengan lawan jenis hanya setelah 30 detik mengobrol melalui video call.

Kencan online juga ternyata efektif untuk mempercepat kelanjutan hubungan. Sebanyak 55 persen hubungan berlangsung lebih cepat daripada pertemuan secara langsung.

Rata-rata kencan online berlangsung 60 menit, lebih singkat dibandingkan pertemuan langsung yang rata-rata memakan waktu 86 menit. Selain itu, kencan online jauh lebih hemat karena tak perlu mengeluarkan biaya transportasi, makan, atau tiket nonton.

Survei ini juga menemukan sejumlah hal yang tak disukai saat kencan online. Pertama bahasa tubuh yang menunjukkan tidak tertarik sebanyak 33 persen, terlalu sering keluar kamera 20 persen, wifi yang buruk 16 persen, dan makan dengan keras di depan kamera 16 persen.

Jika dijalankan dengan benar kencan online ini dapat berlanjut menjadi hubungan yang serius bahkan melangkah ke jenjang pernikahan.

"Namun, dengan sedikit latihan dan penyempurnaan, sangatlah mungkin untuk membuat hubungan online yang bermakna, berharga, dan langgeng," kata pakar hubungan Alix Fox, dikutip dari Independent.

(chs)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK