Rekomendasi 5 Herbal yang Dapat Meningkatkan Energi dan Fokus

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 27/10/2020 05:53 WIB
Konsumsi herbal termasuk salah satu yang dianjurkan bukan saja demi meningkatkan imunitas di era pandemi, melainkan juga mendongkrak energi dan fokus. Ilustrasi: Herbal adalah bagian dari tumbuhan dapat berupa daun, bunga, atau akar yang digunakan sebagai bumbu makanan, obat-obatan, dan parfum. (Foto: Augustus Binu/dreamsparrow.net)
Jakarta, CNN Indonesia --

Konsumsi herbal di masa pandemi Covid-19 tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, melainkan juga terbukti dapat meningkatkan energi dan fokus. Energi dan fokus yang tinggi penting untuk menjaga produktivitas di era pandemi virus corona ini.

Herbal adalah bagian dari tumbuhan dapat berupa daun, bunga, atau akar yang digunakan sebagai bumbu makanan, obat-obatan, dan parfum. Sejumlah herbal dapat dikonsumsi secara langsung, diseduh, direbus, atau bahkan hanya dengan mencium aromanya saja.

Berikut herbal yang secara ilmiah terbukti meningkatkan energi dan fokus.


1. Ginseng

Ginseng merupakan herbal yang punya khasiat menambah energi. Ginseng juga dapat merangsang fungsi otak, meningkatkan kinerja olahraga, dan mental.

Sejumlah senyawa dalam ginseng seperti ginsenosides, eleutherosides, dan ciwujianosides, diyakini membuat ginseng efektif meningkatkan kinerja dan energi.

Dikutip dari Health Linestudi menunjukkan ginseng telah terbukti meningkatkan kinerja fisik pada orang yang tidak banyak bergerak, menawarkan sifat anti-kelelahan, dan meningkatkan kewaspadaan mental.

2. Pepermin

Aroma pepermint dapat meningkat energi, suasana hati, performa atletik, kewaspadaan, memori, dan energi. Inilah alasan banyak minyak esensial menggunakan pepermint.

Studi menunjukkan paparan aroma atau menghirup aroma pepermint dapat meningkatkan daya ingat.

Ilustrasi TehFoto: Haneburger/Wikipedia
Ilustrasi: Studi menunjukkan bahwa aroma papermin dapat meningkatkan daya ingat.

3. Rosemari

Sama seperti pepermint, aroma rosemari juga membantu meningkatkan kinerja kognitif. Rosemari mengandung senyawa terpene yang dapat masuk ke dalam aliran darah dan meningkatkan kinerja otak.

Studi menunjukkan saat minyak rosemari disebar ke udara, efektif meningkatkan kecepatan dan akurasi.

4. Centella asiatica (Pegagan)

Tak hanya digunakan sebagai produk skincare, Centella asiatica juga dapat meningkatkan fungsi otak, kewaspadaan, dan suasana hati.

Studi mendapati bahwa konsumsi ekstrak pegagan setiap hari secara efektif dapat meningkatkan kekuatan dan fungsi fisik. Pegagan juga dapat meningkatkan perhatian serta mengurangi kecemasan dan kelelahan mental.

5. Bacopa monnieri (Daun air)

Daun air banyak digunakan untuk pengobatan kecemasan, insomnia, dan memori. Efek peningkatan kognitif dari Bacopa monnieri ini muncul karena kandungan konsentrasi saponin triterpenoid.

Studi menunjukkan bahwa daun air dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kewaspadaan.

(ptj/NMA)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK