Ragunan Dibuka, Ada Kereta Keliling dan Sepeda Wisata

CNN Indonesia | Senin, 12/10/2020 14:28 WIB
Ada dua fasilitas baru di Taman Margasatwa Ragunan yang wajib dicoba, yakni kereta keliling dan sepeda wisata. Pengunjung saat berlibur di Taman Margasatwa Ragunan. (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Di tengah wisata di era normal baru kala Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi DKI Jakarta, Taman Margasatwa Ragunan menyediakan dua fasilitas wisata baru, yakni kereta keliling dan penyewaan sepeda wisata.

Kepala Satuan Promosi Taman Margasatwa Ragunan, Ketut Widarsana, mengatakan dua fasilitas wisata itu diharapkan bisa kembali mendatangkan pengunjung di masa PSBB transisi jilid kedua.

"Pembukaan kali ini lebih dilonggarkan dan juga itu kalau wisata sepeda dan kereta keliling sebenarnya kerja sama dengan pihak ketiga, artinya memberikan kesempatan juga buat mereka bisa menjalankan usahanya," ujar Ketut, seperti yang dikutip dari ANTARA pada Senin (12/10).


Meski demikian, lembaga konservasi alam itu belum membuka seluruhnya wahana yang ada.

Beberapa wahana yang masih ditutup untuk pengunjung ialah wahana Pusat Primata Schmutzer (PPS), Taman Satwa Anak, Kuda Tunggang dan Kuda Bendi.

Jam operasional di masa PSBB Transisi juga lebih panjang, yakni dari jam 07.30 sampai dengan 14.00 WIB.

Pembelian tiket masuk Taman Margasatwa Ragunan tetap dilakukan secara daring melalui link bit.ly/PesantiketTMR.

Jumlah pengunjung dibatasi dengan kapasitas hanya 25 persen, maksimal 2.000 orang per hari.

Lansia usia 60 tahun, anak-anak di bawah 10 tahun dan ibu hamil masih dilarang masuk.

Untuk tempat kuliner yang ada di Ragunan dibuka dengan sistem ganjil genap dan boleh melayani makan di tempat dengan menerapkan jaga jarak minimal satu meter.

Tempat ibadah dibuka dan pengunjung diimbau membawa peralatan shalat masing-masing seperti sajadah, sarung dan mukena.

Taman Margasatwa Ragunan memiliki luas 147 hektare dengan koleksi satwa sebanyak 2.288 ekor dan jumlah pohon kurang lebih 50 ribu pohon, serta memiliki posisi yang strategis dan berada di kawasan selatan Kota Jakarta yang sangat diminati oleh masyarakat untuk melakukan kunjungan rekreasi.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir tercatat rata-rata jumlah pengunjung mencapai 5 juta orang per tahun.

Namun jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan tahun ini mengalami penurunan dengan adanya aturan penutupan selama masa PSBB.

(ANTARA/ard)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK