Intip Jam-jam Mewah Presiden AS Hingga ke Capres Joe Biden

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 13/10/2020 14:13 WIB
Arloji yang melingkar di pergelangan tangan menjadi salah satu aksesori yang mencuri perhatian, termasuk yang dikenakan oleh para Presiden Amerika Serikat. Pekan lalu saat berbicara dengan para pemilihnya di kereta, Capres AS dari Partai Demokrat Joe Biden mengenakan Seiko 7T32-6M90 di pergelangan tangannya. Aksesori yang dikenakan tersebut mengundang komentar kolumnis arloji. (Foto: AFP/ROBERTO SCHMIDT)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Amerika Serikat merupakan kepala negara yang jadi sorotan dunia karena pengaruhnya. Meski presiden bukan ikon mode, tapi beberapa gaya dan sikap hidupnya kerap mencuri perhatian. Salah satunya soal arloji.

Calon Presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden tak luput dari amatan. Cam Wolf, penulis gaya hidup di majalah GQ memasukkan Biden dalam daftar pemilik "Watches of the Week" rubrik untuk melacak arloji paling langka, paling liar dan paling didambakan.

"... Bahkan ketika berkampanye untuk mendapatkan jabatan tertinggi, Biden juga membuktikan dirinya adalah kolektor jam yang cekatan," tulis Cam Wolf dikutip dari Majalah GQ.


Wolf menyebut, Biden mengumpulkan arloji bahkan sesuai dengan minat dan pekerjaannya. Sebagaimana banyak penghuni Gedung Putih sebelumnya, Biden memakai Vulcain Cricket.

"Ia memilih bidikan investasinya dengan bijakl; jam tangan temahal yang pernah ia kenakan berasal dari Omega. Akhir-akhir ini ia memakai Omega Seamaster seharga $5.200 (sekitar Rp76,5 juta)," kata Wolf lagi.

Harganya mahal, tapi jam tangan ini masih relatif murah untuk golongan arloji mewah.

Lantas pekan lalu saat berbicara dengan para pemilih di kereta, Biden mengenakan Kronograf Seiko 7T32-6M90. Arloji berkilau ini dilengkapi fitur lengkap dengan bingkai emas yang pas dipadu warna perak pada gelangnya.

Namun siapa sangka desain mewah dengan pelbagai fitur renik ini dihargai kurang dari $100 atau sekitar Rp1,4 juta.

"Ini adalah jam tangan yang sangat tidak dikenal, bahkan untuk kolektor dan ahli terbesar," ungkap Wolf setelah mencoba bersusah payah mengidentifikasi jam tangan. Banyak bolongnya informasi mengenai spesifikasi arloji inilah yang bagi dia justru menyenangkan untuk dijadikan bahan koleksi.

Kronograf Seiko 7T32-6M90 Joe Biden menurut Wolf menjadi bukti bahwa Capres AS ini merupakan kolektor yang jeli memilih arloji.

Arloji juga jadi salah satu aksesori pelengkap Presiden AS. Berikut jenis arloji atau jam tangan yang dikenakan Presiden AS dari berbagai periode.

John F. Kennedy

Pada 1957 silam, John Fitzgerald Kennedy mengenakan Cartier Tank Louis pemberian sang istri, Jaqueline Kennedy pada ulang tahun pernikahan mereka yang ke-empat.

Jam tangan emas kuning bertuliskan inisial JFK itu juga menyematkan tanggal pernikahan serta lambang keluarga Kennedy. Ini juga jam tangan yang dikenakan saat dia dibunuh pada 1963 lalu.

Jam tangan lain yang dipakai John F. Kennedy menurut laman The Watch Club, di antaranya Omega Ultra Thin OT3980, Bulova jam tangan emas, Hamilton 505 dan, sebuah Rolex Day-Date yang disebut merupakan pemberian Marilyn Monroe.

Dwight D. Eisenhower

Ilustrasi Jam TanganFoto: Unsplash/Pixabay
Ilustrasi: Arloji yang melingkar di pergelangan tangan menjadi salah satu aksesori yang mencuri perhatian, termasuk yang dikenakan oleh para Presiden Amerika Serikat. 

Dwight David Eisenhower mendapat pemberian dari Rolex berupa arloji Rolex Datejust emas saat merayakan kronometer ke-150.000 pada 1951. Arloji ini sempat muncul di sampul Majalah Life. Bentukannya kerap disalahartikan sebagai Rolex Day-Date namun jam tangan ini muncul lima tahun kemudian.

Lyndon B. Johnson

Lyndon Baines Johnson merupakan presiden AS pertama yang memakai Rolex President Day-Date. Pada 1966, Rolex pertama kali mengiklankan model "jam tangan presiden" tersebut.

Presiden AS periode 1963 hingga 1969 ini kerap memakai arloji tersebut selama menjabat dan juga memberikan benda berharga itu ke teman-temannya.

Arloji lain yang dimiliki Johnson di antaranya Vulcain Cricket dengan inisialnya di pelat jam, Jaeger LeCoultre Memovox dengan segel kepresidenan pada bagian belakang casing-nya, dan Patek Philippe ref 2526 dengan emas pada pelat jamnya.

[Gambas:Video CNN]

Ronald Reagan

Presiden ke-40 Amerika Serikat ini mengenakan Rolex Datejust. Reagan dikenall tidak memakai banyak jam tangan, tetapi Rolex Datejust dengan baja tahan karat sering terlihat melingkar di pergelangannya.

Ia disebut sebagai Presiden AS terakhir yang memakai Rolex selama masa jabatannya. Arloji Rolex kerap dikaitkan dengan simbol kesuksesan pria mapan. Jam tangan ini berasal dari negara legendaris pembuat arloji sejak abad pertengahan, Swiss. Meski pembuatannya dikerjakan di Inggris.

Bill Clinton

Presiden AS periode 1993-2001 ini mengenakan Timex Ironman yang terbilang sederhana. Tetapi koleksi jam tangannya bertambah seiring masa jabatannya.

Dua merk favorit Clinton antara lain Panerai dan Jaeger LeCoultre. Dia dikenal sebagai pemakai Panerai Luminor GMT PAM 089, Panerai Radiomir Black Seal PAM 282 dan Jeager Master Compressor Alarm Navy Seals.

Jam tangan lain Clinton di antaranya Lange & Sohne Grosse Langematik Gangreserve, Audemars Piuey Jules Chronograph dan, Vulcain Cricket.

Barack Obama

Presiden ke-44 Amerika Serikat ini mengenakan Rolex Cellini Time seperti Bill Clinton. Obama memakai merek arus utama seperti Jorg Gray dan Shinola sebelum menjabat.

Arloji mewah pertama yang ia kenakan setelah masa jabatannya adalah Rolex Cellini Time dengan emas putih yang tampak melingkar di pergelangan tangannya ketika menonton Invictus Games bersama Pangeran Harry. Laman The Watch Club menulis, dengan pelat jam putih dan gelang kulit hitam, arloji ini tampak menawan sebagaimana karakter Obama.

Donald Trump

President Donald Trump dances during a campaign rally at Harrisburg International Airport, Saturday, Sept. 26, 2020, in Middletown, Pa. (AP Photo/Steve Ruark)Foto: AP/Steve Ruark
President Donald Trump dances during a campaign rally at Harrisburg International Airport, Saturday, Sept. 26, 2020, in Middletown, Pa. (AP Photo/Steve Ruark)

Presiden ke-45 Amerika Serikat ini telah meluncurkan koleksi jam tangannya sendiri, tapi ia tak pernah terlihat memakainya. Sebaliknya, Trump mengenakan jam tangan Patek Philippe Golden Ellipse dengan pelat jam biru dan Rolex Day-Date dengan emas kuning.

(NMA/NMA)

[Gambas:Video CNN]