7 Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Mata

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 14/10/2020 05:50 WIB
Menjaga pola makan seimbang adalah kunci mata tetap sehat. Beberapa makanan perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Ilustrasi. Menjaga pola makan seimbang adalah kunci mata tetap sehat. Beberapa makanan perlu dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. (Istockphoto/GMint)
Jakarta, CNN Indonesia --

Menjaga pola makan yang seimbang adalah kunci untuk menjaga kesehatan mata. Ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi agar mata tetap sehat.

Gangguan serius pada mata dapat dihindari jika Anda memasukkan makanan yang mengandung berbagai vitamin, nutrisi, mineral, dan senyawa antioksidan ke dalam pola makan Anda. Diet sehat dapat membantu Anda mencegah berbagai gangguan seperti katarak, degenerasi makula terkait usia, glaukoma, mata kering, hingga gangguan penglihatan pada malam hari atau rabun senja.

Diet seimbang yang baik umumnya terdiri dari berbagai protein, produk susu, buah, dan sayur. Batasi konsumsi makanan tidak sehat seperti makanan olahan, makanan tinggi lemak jenuh, dan makanan tinggi gula.


Berikut tujuh makanan terbaik untuk kesehatan mata, melansir Healthline.

1. Ikan

Ikan, khususnya salmon, menjadi pilihan tepat untuk menjaga kesehatan mata. Salmon dan ikan lainnya memiliki asam lemak omega-2 yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan kemampuan penglihatan dan kesehatan retina di bagian belakang mata. Lemak sehat satu ini juga dapat membantu mencegah mata kering.

2. Telur

Kuning telur mengandung vitamin A, lutein, zeaxanthin, dan zinc. Kesemuanya penting untuk kesehatan mata.

Vitamin A berperan dalam melindungi kornea mata. Lutein dan zeaxanthin dapat menurunkan risiko gangguan serius pada mata seperti katarak dan degenerasi makula. Sementara zinc berkontribusi pada kesehatan retina dan mengatasi rabun senja.

3. Almond

Almond dan jenis kacang dan biji-bijian lainnya baik untuk kesehatan mata. Almond mengandung vitamin E yang melindungi mata dari molekul tidak stabil yang menargetkan jaringan sehat. Konsumsi vitamin E dalam jumlah teratur dapat membantu mencegah degenerasi makula dan katarak.

Setidaknya konsumsi 15 mg vitamin E dalam sehari atau sekitar 22 unit internasional (IU). Satu porsi almond-umumnya 23 kacang-memiliki 11 IU.

Beberapa jenis kacang dan biji-bijian lain juga mengandung vitamin E seperti biji bunga matahari, hazelnut, dan kacang tanah.

4. Produk susu

Produk susu mengandung vitamin A dan mineral zinc. Vitamin A melindungi kornea mata, sementara zinc membantu membawa vitamin tersebut ke mata.

Zinc ditemukan di seluruh bagian mata, terutama retina dan koroid, yang merupakan jaringan pembuluh darah yang terletak di bawah retina. Mineral penting ini juga dapat membantu mengatasi rabun senja.

5. Wortel

Seperti kuning telur, wortel kaya akan vitamin A dan beta karoten. Keduanya diketahui dapat membantu mencegah infeksi pada mata dan kondisi serius lainnya.

6. Kale

Kale dikenal sebagai superfood karena mengandung banyak vitamin, nutrisi, dan mineral penting. Kale memiliki antioksidan lutein dan zeaxanthin yang membantu mencegah gangguan serius pada mata.

Lutein dan zeaxanthin tak bisa diproduksi di dalam tubuh. Artinya, Anda harus memasukkannya ke dalam pola makan harian. Satu porsi 100 gram kale mengandung sekitar 11,4 mg lutein. Demi mata tetap sehat, Anda disarankan untuk mengonsumsi 10 mg lutein per hari.

Selain kale, beberapa sayuran lain juga tinggi kandungan lutein seperti paprika merah dan bayam.

7. Jeruk

Berbagai jenis buah jeruk mengandung vitamin C. Vitamin satu ini jadi kunci mata tetap sehat.

Vitamin yang banyak ditemukan dalam buah dan sayuran segar ini berkontribusi terhadap kesehatan pembuluh darah di mata. Vitamin C juga dapat mencegah perkembangan katarak dan degenerasi makula.

(asr/asr)

[Gambas:Video CNN]