Hari Tanpa Bra Sedunia

Yang Terjadi Pada Payudara Jika Tak Pakai Bra

tim, CNN Indonesia | Selasa, 13/10/2020 09:11 WIB
Para ahli berbagi tentang apa yang sebenarnya terjadi ketika Anda berhenti memakai bra dan mempertimbangkan pro, kontra, dan efek samping dari tanpa bra. Para ahli berbagi tentang apa yang sebenarnya terjadi ketika Anda berhenti memakai bra dan mempertimbangkan pro, kontra, dan efek samping dari tanpa bra. (iStockphoto/mustafagull)
Jakarta, CNN Indonesia --

Hari ini adalah hari tanpa bra sedunia atau no bra day. Namun seiring dengan pandemi yang tengah berlangsung saat ini secara tak langsung membuat banyak wanita yang enggan pakai bra saat work from home.

Gaya hidup terisolasi baru ini telah memberi jalan pada tampilan baru yang hampir seluruhnya terdiri dari pakaian nyaman, dan tanpa bra. Nyaman tanpa sesak? tentu saja. Tapi adakah efeknya jika kelamaan tak pakai bra?

Para ahli berbagi tentang apa yang sebenarnya terjadi ketika Anda berhenti memakai bra dan mempertimbangkan pro, kontra, dan efek samping dari tanpa bra.


Mengutip Shape, Anda harus tahu tentang anatomi payudara. Jaringan payudara berlabuh ke dinding otot dada melalui bagian belakang payudara, dan area perlekatan tunggal ini adalah satu-satunya sumber stabilitas, jelas obgyn Sherry Ross, M.D., pakar kesehatan wanita dan penulis She-ology. Itu berarti sebagian besar jaringan payudara tidak didukung dan gerakan agresif dapat menyebabkan trauma dan nyeri, tambahnya. Bayangkan saja ini bakal terasa seperti saat Anda berolahraga lari atau jumping jacks tanpa memakai bra.

Lalu bagaimana jika Anda hanya duduk santai di rumah dan bekerja di depan laptop sepanjang hari saat work from home?

Terkait hal ini, para ahli kesulitan untuk menjelaskannya.

"Jika Anda tidak memakai bra, payudara Anda akan melorot," kata Ross.

"Jika ada kekurangan penopang jangka panjang yang tepat, jaringan payudara akan meregang dan kendur, terlepas dari ukuran payudaranya."

Namun, Andrea Madrigrano, M.D., ahli bedah payudara dan profesor bedah di Rush University Medical Center di Chicago, mengatakan bahwa kendur lebih mungkin terjadi berdasarkan kepadatan payudara Anda. Jika mereka memiliki lebih banyak lemak daripada jaringan fibrosa (yaitu lebih besar), mereka cenderung melorot, dan untuk wanita berpayudara kecil, tidak ada manfaat struktural untuk memakai bra, jelasnya.

Madrigano mengungkapkan bahwa pemakaian bra bisa membantu wanita berpayudara besar untuk menghindari sakit punggung. Payudara yang besar dan berat dapat memberi tekanan berlebih pada otot-otot di bawah payudara, yang pada gilirannya dapat menyebabkan nyeri dada, punggung, dan bahu.

"Mengenakan bra sebenarnya dapat membantu meringankan beberapa rasa sakit itu serta membantu postur tubuh. Dukungan yang diberikan bra mengurangi sebagian besar berat payudara Anda dari dada, punggung, dan bahu, secara signifikan meminimalkan ketegangan itu," jelasnya.

Hanya saja keduanya sepakat soal payudara kendur. kedua ahli sepakat bahwa ada beberapa faktor yang berperan dalam jika dan saat kendur (ptosis) terjadi.

"Efek kendur dan seberapa menonjolnya akan tergantung pada banyak variabel," kata Ross.

Ini termasuk berat badan, genetika, kehamilan, dan menyusui. Selain dari segi estetika, kurangnya penyangga yang tepat (yaitu tidak memakai bra) juga berpotensi menimbulkan rasa sakit. Efek paling langsung dari jaringan payudara yang tidak didukung adalah nyeri tajam atau terbakar di area dada, dan / atau payudara terasa nyeri dan sesak. Ini bisa ringan atau parah, berlangsung berjam-jam, berhari-hari atau berbulan-bulan.

Hanya saja, apakah melepas bra sehari saja bisa berefek buruk? Madrigano mengungkapkan Jika Anda biasanya memakai bra setiap hari, pergi selama beberapa hari tanpa bra, meskipun 24/7, pasti tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan.

Penelitian lain juga menyebutkan ketika Anda tak memakai bra, maka saat PMS payudara mungkin akan terasa lebih sakit. Perubahan hormon dapat menyebabkan "retensi air ekstra di area payudara dan perut, yang dapat membuat payudara Anda terasa kembung dan menyembul keluar dari bra".

(chs)

[Gambas:Video CNN]