Cara Cepat Move On Setelah Putus Cinta

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 05/11/2020 14:26 WIB
Putus cinta memang kondisi yang tak menyenangkan, tapi ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyintas dan beralih dari situasi buruk ini. Ilustrasi: Putus cinta memang kondisi yang tak menyenangkan, tapi ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyintas dan beralih dari situasi buruk ini. (Foto: Istockphoto/martin-dm)
Jakarta, CNN Indonesia --

Bagi sebagian orang, putus cinta bisa terasa sangat menyiksa. Namun, jangan biarkan diri Anda larut dalam kesedihan. Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk melupakan mantan kekasih atau move on dengan cepat setelah putus cinta.

Studi menunjukkan, perasaan galau saat berpisah dengan kekasih muncul karena otak belum terbiasa sendiri setelah banyak menghabiskan waktu dengan orang yang dicintai.

Selain itu, rasa cinta memberikan efek obsesi pada seseorang sehingga membuat move on seringkali terhambat. Namun, Anda harus mampu mengatasi hal ini karena terlalu lama galau saat putus cinta berdampak buruk terhadap kesehatan fisik dan mental.


Terus-terusan galau dan menyesali hubungan yang berakhir dapat meningkatkan risiko cemas, stres, kurang tidur, dan pola makan yang buruk sehingga berdampak pada kesehatan fisik seperti kelelahan hingga obesitas.

Psikolog Guy Winch yang juga penulis buku 'How to Fix a Broken Heart' membagikan tips dan cara cepat move on setelah putus cinta, dikutip dari The Independent.

Berikut cara cepat move on setelah putus cinta.

Infografis 10 Lagu Peneman Putus CintaFoto: CNN Indonesia/Fajrian
Infografis 10 Lagu Peneman Putus Cinta

1. Jangan cek media sosial

Jangan memeriksa media sosial mantan kekasih. Semakin sering melihat atau mengingat sang mantan, semakin memperkuat keberadaannya di benak Anda. Sehingga semakin sulit untuk melupakan kekasih.

2. Jangan berasumsi

Hentikan semua asumsi yang muncul, misalnya seperti mengapa bisa putus. Sebaiknya, terima penjelasan apapun dan yakinkan diri bahwa mereka bukan orang yang tepat untuk Anda.

3. Hapus foto

Hapus semua foto atau pesan yang mengingatkan Anda dengan mantan kekasih. Jangan pula gunakan barang-barang yang dapat membuat Anda teringat dengan mantan kekasih.

4. Lakukan hal yang menyenangkan

Lakukan hal-hal yang menurut Anda menyenangkan. Paksa diri Anda untuk beraktivitas. Aktivitas yang menyenangkan dapat mengalihkan pikiran dan membuat Anda lupa dengan perkara cinta. Anda juga perlu meyakinkan diri bahwa hidup harus terus berjalan.

5. Berkumpul dengan teman

Sering-seringlah berkumpul dengan teman. Bermain bersama sahabat dapat membuat Anda melupakan sang mantan. Anda juga dapat mulai berkenalan dengan orang baru secara perlahan. Menambah pertemanan akan membuat perasaan membaik dan move on dengan cepat setelah putus cinta.

(ptj/NMA)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK